Analisis Posisi dan Strategi Pemasaran Buah Naga di Kabupaten Timor Tengah Utara

Lambertus Nesi Bria, Genoveva Afoan Naif, Anselma Ose Funan

Abstract


Kabupaten Timor Tengah Utara merupakan salah satu kabupaten di daerah tertinggal yang memproduksi buah naga cukup baik. Buah naga telah diusahakan sejak tahun 2017. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis posisi dan strategi pemasaran buah naga di Kabupaten Timor Tengah Utara. Penelitian ini merupakan penelitian survei secara langsung dengan memilih jumlah petani buah naga yang tersebar di dua wilayah yaitu Kecamatan Insana, dan Kecamatan Kota Kefamenanu. Pengumpulan data penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Hasil penelitian juga menunjukan posisi buah naga berada pada kuadran II bintang (Star) pada tahun 2020 dan 2021. Tahun 2020 buah naga memiliki tingkat pertumbuhan pasar sebesar 15,53 dan pangsa pasarnya sebesar 3,23. Sedangkan pada tahun 2021 tingkat pertumbuhan pasar sebesar 11,93 dan pangsa pasarnya sebesar 1,46. Posisi ini mengindikasikan bahwa buah naga memiliki tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif tinggi. Sedangkan strategi pemasaran menunjukan bahwa terdapat empat strategi yaitu produk itu sendiri, harga jual, promosi, dan tempat/lokasi.


Keywords


Kata Kunci: Buah Naga, Strategi Pemasaran, dan BCG

Full Text:

PDF

References


Agung, R., Yudhistira H, G., & Aziz, R. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi Persaingan dan Pertumbuhan Pasar; Pemimpin, Pesaing, Pengikut, Nicher (Suatu Literatue Review). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 418–441. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4

Bai M. X., Umbu J., Maulana. A. S., Taena W., & Sipayung B. P. (2021). Analisis Potensi Pasar Komoditas Buah-buahan di Kecamatan Miomaffo Barat Kabupaten Timor Tengah Utara (Studi Kasus Desa Saenam (pp. 235–245).

Cymbidiana R. E., Rosidi. (2013). Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Menetapkan Strategi Untuk Keberlangsungan Hidup Perusahaan (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Ri-Mas Malang). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Febryan, F. 2010. The Power Of Selling: Memperlakukan Pelanggan Sebagai Sahabat Sejati. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ismini. (2010). Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Keripik Singkong di Perusahaan “Mickey Mouse” di Malang. Agrika, 4(2).

Jaya, I K. D., 2009. Studi pendahuluan tentang praktek budidaya dan potensi pengembangan tanaman buah naga (Hylocereus spp.) di Kabupaten Lombok Utara. Seminar Nasional Kebijakan danPenelitian di Bidang Pertanian untuk Pencapaian Kebutuhan Pangan danAgroindustri”. Fakultas Pertanian UNRAM, 14 Maret 2009. 11 p.

Jaya, I.K.D. 2010. Morphology and physiology of Pitahaya and it future prospects in Indonesia. Crop Agro. 3:44-50.

Kotler, Philip and Koltel Kevin L. 2016. Strategi Pemasaran. 15th Edition Pearson.

Lim, H.K., CH. P. Tan, J. Bakar, and S.P Ng. 2012. Effects of different wall materials on the physicochemical properties and oxidative stability of spray-dried microencapsulated red-fleshed pitaya (Hylocereus polyrhizus) seed oil. Food and Bioprocess Technology 5: 1220-1227.

Muas, I. and Jumjunidang. 2015. Status of dragon fruit cultivation and marketing in Indonesia. Workshop on improving pitaya production and marketing. International workshop proceedings. 7-9 September 2015. Fengshan, Kaohsiung, Taiwan. p. 19-29.

Maristia, K. (2020). Analisis Matriks Bcg (Boston Consulting Group) Dalam Strategi Mempertahankan Pangsa Pasar Pada Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus Pada Pt. Samsung Elektronik Indonesia Tahun 2019). Jurnal Ekonomika, 11(2), 28–45. https://doi.org/10.35334/jek.v11i2.1436

Nerd, A., N. Tel-Zur, and Y. Mizrahi. 2002. Fruits of vine and columnar cacti. In: Nobel, P.S., ed. Cacti: biology and uses. UCLA Press, Los Angeles, USA. p. 185-197.

Rolos C . T., S . Pangemanan ,. N . Budiarso. 2021. Analisis Penentuan Harga Jual Listrik Pada Pt Pln ( Persero ) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara , Sulawesi Tengah Dan Gorontalo Analysis Of Electricity Price Determination At Pt Pln ( Persero ) Main Units. 9(3), 1703–1710.

Saptana, N. (2010). Tinjauan Konseptual Mikro-Makro Daya Saing dan Strategi Pembangunan Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 28(1), 1. https://doi.org/10.21082/fae.v28n1.2010.1-18

Setiawan Arief. 2019. Berkah Petani Buah Naga Banyuwangi Di Tengah Pandemi COVID-19. Agrofarm. https://www.agrofarm.co.id/2020/05/23253/

Shafira Puteri, F., Nuringwahyu, S., Krisdianto Jurusan Administrasi Bisnis, D., & Kunci, K. (2019). Matriks Boston Consulting Group (BCG) sebagai Dasar Perencanaan Strategi Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Matahari Departement Store TBK). Jiagabi, 8(3), 130–135.

Syahfitri, D., Nurhadi, E., Amir, I. T., Pertanian, F., Info, A., & Factory, S. (2021). Boston Consulting Group Sebagai Dasar Strategi pada Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo. 6(2502), 101–107.

Sinaga, S.E. 2008. Strategi Pengembangan Ekspor Teh Hitam Pada Perkebunan Gunung Mas PTPN VIII Bogor, Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor. Bogor.http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/2845

Wiedjarnarko, S., Fauzi, A. M., & Rusli, M. S. (2004). Strategi Distribusi Produk Teh Siap Saji. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 12(1), 68–77. https://doi.org/10.17358/jma.12.1.68




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.