Analisis Potensi Usaha Maggot BSF di Provinsi Sumatera Barat

Anggi Rahman Nurdi, Silfia Silfia, Alfikri Alfikri

Abstract


Pandemi COVID-19 berdampak pada distribusi bahan dan pakan ternak yang menyebabkan tingginya harga pakan dan pakan ternak di Sumatera Barat sehingga peternak beralih menggunakan maggot sebagai pakan alternatif. Usaha maggot memiliki potensi dan prospek yang menjanjikan sehingga penting untuk dikaji dalam berbagai aspek terutama tindakan keuangan dan pengembangan yang dapat dilakukan pada usaha maggot. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek keuangan usaha maggot, menganalisis potensi usaha maggot, dan mengidentifikasi alternatif strategi yang perlu dikembangkan untuk usaha maggot di Sumatera Barat. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan, analisis kelayakan investasi, dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pendapatan yang diperoleh adalah sebesar Rp1.660.906/bulan. Hasil perhitungan diperoleh NPV sebesar Rp.238.924.565, IRR 228% dan PP 0.62 sehingga usaha maggot layak untuk dijalankan. Potensi bisnis maggot di Sumbar diposisikan pada area strategi agresif (kuadran I). Strategi yang dapat diterapkan antara lain meningkatkan jumlah produksi untuk menjangkau pasar yang luas, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat sekitar, diversifikasi produk untuk mengurangi tingkat persaingan, membangun mitra usaha dengan usaha sejenis untuk pemasaran skala besar, memanfaatkan teknologi yang dapat mendukung sarana produksi dan sarana pemasaran, meningkatkan promosi produk untuk menjangkau konsumen dan memberdayakan masyarakat melalui pemberian edukasi tentang maggot BSF.


Keywords


Pakan Ternak Alternatif, Kelayakan Investasi, Strategi Pengembangan.

Full Text:

PDF

References


Afsa, S. M. 2021. Analisis Keuntungan Usaha Budidaya Maggot BSF sebagai Pakan Alternatif Unggas pada Usaha Bapak Endy di Pauh Duo, Solok Selatan. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Anggitasari, S. Osfar, S dan Irfan, H. D. 2016. Pengaruh Beberapa Jenis Pakan Komersial terhadap Kinerja Produksi Kuantitatif dan Kualitatif Ayam Pedaging. Bulletin Peternakan. 40 (3) : 187 – 196.

Badan Pusat Statistik. 2021. Statistik Perusahaan Peternakan Unggas 2020. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. 2021. Sumatera Barat dalam Angka 2022. Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. Padang.

Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. 2022. Sumatera Barat dalam Angka 2022. Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. Padang.

Dewi, I. P. Muhammad R. T. dan Noverdi, B. 2021. Analisis Kelayakan Finansial Pembuatan Pakan Ternak dari Sampah Organik Dapur. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). 5 (3) : 869 – 877.

Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Barat. 2022. Buku Petunjuk Teknis Pengolahan Sampah dengan Maggot BSF. Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat. Padang.

Fu’ad, E, N. 2015. Pengaruh Pemilihan Lokasi terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil di Komplek Shopping Centre Jepara. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen. 20 (1) : 56 – 67.

Hadi, S. 2020. Buku Ajar Manajemen Agribisnis I. LPPM Universitas Muhammadiyah Jember. Jember.

Harmen. 2020. Dampak Pandemi Covid–19 terhadap Ketersediaan Pakan Ternak Di Sumatera Barat. Jurnal Pembangunan Nagari. 5 (2) : 130 – 147.

Haryanti, T. S. 2020. Strategi Pengembangan Usahatani Kakao (Theobroma cacao L.) di Kelurahan Lebang Kecamatan Wara Kota Palopo. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo.

Herlianto, D dan Triani, P. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi ke-1. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Hernaman, I. R. Hidayat dan Mansyur. 2005. Pengaruh Penggunaan Molases dalam Pembuatan Silase Campuran Ampas Tahu dan Pucuk Tebu Kering terhadap Nilai pH dan Komposisi Zat-Zat Makanannya. Jurnal Ilmu Ternak. 5 (2) : 94 – 99.

Karmini. 2018. Ekonomi Produksi. Edisi ke-1. Mulawarman Uinversity Press. Samarinda.

Mudeng, N. E. G, Jeffrie, F. M. Ockstan, J. K. Henneke, P. dan Sartjie, L. Budidaya Maggot (Hermetia illuens) dengan menggunakan Beberapa Media. Jurnal Budidaya Perairan. 6 (3) : 1 – 6.

Muhadat, I, S. 2021. Kasgot sebagai Alternatif Pupuk Organik Padat pada Tanaman Sawi (Brassica juncea L) dengan Metode Vertikultur. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Murtidjo, A. B. 2001. Pedoman Meramu Pakan Ikan. Kanisius. Yogyakarta.

Prabowo, A. 2019. Strategi Pengembangan Usaha Tani Buah Naga (Hylocereus) (Studi Kasus : Di Desa Kuta Baru Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai). Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Purnomo, R. A. Riawan dan La O. S. 2017. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi ke-1. UMPO Press. Ponorogo.

Rachmawati, Damayanti B. Purnama H. Saurien H dan Melta R. F. 2010. Perkembangan dan Kandungan Nutrisi Larva Hermetia illucens (Linnaeus) (Diptera : Stratiomyidae) pada Bungkil Kelapa Sawit. Jurnal Entomol Indon. 7 (1) : 28 – 41.

Rahim, A dan Retno, D. H. 2005. Sistem Manajemen Agribisnis. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Rahim, A. R. dan Enny R. 2017. Manajemen Strategi. Edisi ke-1. LPP UMM. Makassar.

Rangkuti, F. 2003. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Edisi ke-10. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ritonga, M. R. 2019. Strategi Pengembangan Usahatani Stroberi di Desa Tongkoh Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Rusdiana, A. 2014. Manajemen Operasi. Edisi ke-1. Pustaka Setia. Bandung.

Saeri, M. 2018. Usahatani dan Analisisnya. Edisi ke-1. Unidha Press. Malang.

Sari, H, N. 2020. Analisis Potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Keripik Pisang dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Sentra UMKM Keripik Pisang Jalan ZA, Pagar Alam Kota Bandar Lampung). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sastro, Y. 2016. Teknologi Limbah Organik Kota Menggunakan Black Soldier Fly. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Jakarta.

Shinta, A. 2011. Ilmu Usahatani. Edisi ke-1. UB Press. Malang.

Sofyan, I. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Grana Ilmu. Yogyakarta.

Suciati, R dan Hilman F. 2017. Efektivitas Media Pertumbuhan Maggot Hermetia illucens (Lalat Tentara Hitam) sebagai Solusi Pemanfaatan Sampah Organik. Jurnal Biosfer. 2 (1) : 8 – 13.

Sugiyanto. 2020. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi ke-5. YPSIM Banten. Serang.

Suratiyah, K. 2016. Ilmu Usahatani. Edisi ke-2. Penebar Swadaya. Jakarta.

Tresnati, R. 2005. Costumer Relationship Management sebagai Strategi Usaha Mikro dan Kecil dalam Menjalin Hubungan dengan Pelanggan. Jurnal Peforma. 2 (II) : 121 – 135.

Umar, H. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi ke-7. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Waluyo, B. P dan Jefri, P, N. 2020. Analisis Usaha Pembesaran Lele dengan Menggunakan Pakan Tambahan Maggot Black Soldier Fly (Bsf) di UPR Christanto Darmawan Yogyakarta. Jurnal Chanos chanos. 18 (1) : 19 – 27.

Wardhana, A. H. 2016. Black Soldier Fly (Hermetia illucens) sebagai Sumber Protein Alternatif untuk Pakan Ternak. Jurnal Wartazoa. 26 (2) : 69 – 78.

Wardoyo, P. 2011. Enam Alat Analisis Manajemen. Edisi ke-1. Semarang University Press. Semarang.

Yuwono, A. S dan Priscilia D. M. 2018. Penggunaan Larva (Maggot) Black Soldier Fly (BSF) dalam Pengolahan Limbah Organik. Seameo Biotrop. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.