Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Penjualan Padi Sistem Tebasan Dan Non Tebasan Pada Petani Padi Sawah Di Desa Pojoksari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang

Helena Hardina Gamma Puspita

Abstract


Padi merupakan  komoditi tanaman utama bagi mayoritas petani di Desa Pojoksari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, dibutuhkan sistem pemasaran padi yang sesuai. Penelitian ini bertujuan (1) memperoleh gambaran tentang penjualan padi dengan sistem tebasan dan non tebasan pada petani padi sawah. (2) menganalisis pengaruh faktor sosial ekonomi yang meliputi  usia, pendidikan, pengalaman petani, luas lahan, dan jumlah  tenaga kerja, terhadap pengaruh penjualan padi dengan sistem tebasan dan non tebasan pada petani padi sawah. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan 60 sampel  menggunakan Simple Random Sampling Metode analisis data menggunkan regresi logistik. Hasil analisis regresi logistik yang menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan padi  sistem tebasan dan non tebasan pada petani padi sawah adalah tingkat pendidikan, pengalaman petani, dan jumlah tenaga kerja

Keywords


Regresi Logistik, Sistem Penjualan Padi, Tebasan dan Non Tebasan

Full Text:

PDF

References


Adiwilaga, Anwas, 1982. Ilmu Usahatani. Penerbit Alumni, Bandung.

Amien, A. 2016 Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Petani Menggunakan Tebasan Serta Akad Salam Sebagai Alternatif Pembiayaan Pertanian Di Kab. Tasikmalaya Dan Kab. Garut.

Arsyad, Lincolin. 2004. Ekonomi Pembangunan. Edisi Keempat. Yogyakarta: STIE YKPN.

Asmara Rosihan, Hanani Nuhfil dan Suryaningtyas Risma. 2011. Analisis Usahatani Manggis dan Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Yang Memengaruhi Keputusan Petani Memasarkan Hasil Usahatani Manggis Dengan Sistem Ijon. [Skripsi] Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Malang [ID] : Universitas Brawijaya

Dewi, M.U, dan Moch, M.M. 2017. Pengaruh pengambilan keputusan petani pada sistem penjualan padi (Oryza Sativa L.) dalam upaya peningkatan pendapatan usahatani. Studi kasus di Desa Watugede, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Dewi, R. K. dan Sudiartini. 1999. Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Petani dalam Sistem Penjualan Padi. Jurnal Jurusan Sosial Ekonomi. FP Universitas Udayana.Bali.

Fauzi, N.F. 2014Sistem Tebasan Pada Usahatani Padi Dan Dampaknya Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Petani Di Kabupaten Jember.

Ghozali I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Aplikasi IBM SPSS versi

Semarang [ID] : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hermanto, Fadholi, 1989. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya, Jakarta.

Ida, Royani, Christina, S, 1998. Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Untuk Menanam Kubis Di Desa Kenteng, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Skripsi FP Uksw, Salatiga.

Kotler, P. 2005, 2009. Manajemen Pemasaran (Terjemahan). Edisi kedua belas. PT. INDEX. Jakarta.

Mamang, E. S. dan Sopiah. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Praktik Dalam

Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Mubyarto.1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta : LPES.

Mulyono, Dede. 2010. Kapasitas Tunda Jual Petani Padi Studi Kasus Di Boyolali, Jawa Tengah. www.kedaulatanpangan.net.

Rahman, Arif. 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix. Transmedia. Jakarta.

Santoso, Djoko. 1999. Perkembangan Teori Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta.

Scoot, J.C, 1983. Moral Ekonomi Petani. LP3ES Anggota IKAPI. Jakarta

Singarimbun, Masri. 1989. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta.

Soekartawi. 1988, 1995, 2002, 2006. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia.

Stanton, Agus. 1995. Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung..

Suwartini, Maria, 1997. Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Menanam Padi Jenis Lokal Di Desa Dlingo, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah. Skripsi FP UKSW Salatiga.

Ulrich Planch, 1990. Sosiologi Pertanian. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Umar, H. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Windia, I W., A. Kusasi, I W. Widyantara, E. Lallo, dan I D. G. Agung, 1988, Dampak Sistem Tebasan Terhadap Pengamanan Harga Dasar Kualitas Gabah dan Pendapatan Petani di Bali, Dalam Majalah Ilmiah FP Unud, Denpasar, No. 12 Tahun VIII.

Wiyono, S, dkk. 2015. Laporan Kajian Regenerasi Petani. Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan. Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian, Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.03.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.