Persepsi Komsumen Dalam Keputusan Pembelian Salad Buah Melalui Food Delivery E-commerce Nayo Salad Kota Medan

Authors

  • Juli winando Lumban Toruan
  • Zulheri Noer
  • Rika Fitri Ilvira

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.04.25

Keywords:

Persepsi, GrabFood, GoFood, ShopeeFood, dan Salad buah.

Abstract

Di Indonesia, telah terjadi pergeseran kuat pada perilaku konsumen yang sebelumnya berbelanja langsung kini beralih belanja secara digital dikarenakan  Perubahan Gaya Hidup yang lebih praktis. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Pengaruh kualitas, harga, jarak, dan rasa terhadap Keputusan pembelian salad buah melalui Food Delivery E-Commerce.  Lokasi penelitian di Nayo Salad Kecamatan Medan Area, Kota Medan. Dengan Metode Kuantitatif, Populasi konsumen nayo salad yang berbelanja menggunakan Food Delivery grabfood, gofood dan shopeefood. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang, Teknik pengambilan sampel digunakan Stratified Sampling dengan Metode analisis data: (1) Regresi linier berganda, (2) Uji Hipotesis ;Uji Bersama-sama dan parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 2 variabel yang berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan pembelian salad buah melalui E-commerce seperti: Rasa dan Harga  sementara itu 2 variabel lagi seperti kualitas produk dan jarak tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian salad buah melalui Food Delivery e-commerce di nayo salad.


 

                                                      

References

Abdurrahman Fatoni. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Rineka Cipta .Jakarta, hlm.104.

Ali Hasan, Marketing, Yogyakarta :CAPS (Center for AcademicPublishing Service), 2013.

Anonim. 2019.Badan Pusat Statistik Kota Medan dalam Angka 2019. Medan

(ID): BPS Kota Medan.

Anonim.2019.Badan Pusat Statistik(BPS) diakses dari http://www.bps.go.id, diakses pada tanggal 2 Februari 2023 pada pukul 10.00 WIB

Anonim. 2023. Variabel Dominan:https://mjurnal.com/skripsi/menentukan-variabel-paling-dominan. Diakses pada tanggal 02 Februari 2023 pukul 10.00 WIB

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta

Candra Ahmadi, Hermawan Dadang.2013.E-Business & E-Commerce: Dasar E-Commerce:Penerbit Andi.

Jayani, D. H. 2021 . Nilai Transaksi E-Commerce Mencapai Rp 266,3 Triliun

pada 2020. Diambil kembali dari databoks.katadata.co.id:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/nilai-transaksi-

ecommerce-mencapai-rp-2663-triliun-pada-2020[ 29Januari2021].

Miftah, M. S., Riyadi, S. & Heru, 2015. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 29, p. 1.

McKinsey&Company. 2020. How Covid-19 is Changing Consumer Behaviornow

and Forever. USA

Tio Arisandi, 2018. “Efetivitas Penerapan E-commerce dalam

Pengembangan Usaha Kecil Menengah di Sentra Industri Sandal dan

Sepatu Wedoko Kabupaten Siduarjoâ€,Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan

Politik,Universiitas Airlangga, Vol.8 No.1.

Tayibnapis, A. Z., E.Wuryaningsih, L. & Gora, R., 2018. The Development of Digital Economy in Indonesia. International Journal of Management & Business Studies, 8(3), p. 17.

Wuryasti, Fetry. 2020. E-Commerce Panen Dimasa Pandemi Covid-19.

Sumber: https://mediaindonesia.com/ekonomi/341479/e-commerce-

panen-di-masa-pandemi [2 September 2020].

Downloads

Published

2023-12-06

Issue

Section

Articles