Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Beras Merah Di Kota Surakarta

Rifdha Arifah M, Setyowati Setyowati, Mei Tri Sundari

Abstract


Beras merah mempunyai kandungan kalori yang rendah dan serat lebih banyak yang dapat mencegah penyakit salah satunya diabetes melitus. Diabetes melitus adalah Penyakit Tidak Menular (PTM) yang memiliki resiko tinggi hingga menyebabkan kematian. Kota Surakarta termasuk salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki kasus diabetes sebanyak 12.105 kasus dan mengalami kenaikan 3.221 kasus di tahun 2020-2021. Salah satu cara mengurangi diabetes melitus di Kota Surakarta dengan mengonsumsi beras merah. Pola makan yang sehat dengan mengonsumsi beras merah merupakan bentuk perilaku konsumen yang dapat memengaruhi suatu keputusan pembelian beras merah di Kota Surakarta. Permasalahan tersebut terjadilah perilaku konsumen yang secara teoritis dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu budaya, sosial, psikologi, dan pribadi atau personal, dimana variabel-variabel tersebut dapat memengaruhi keputusan pembelian beras merah di Kota Surakarta. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis perilaku konsumen dari segi budaya, sosial, psikologi, dan pribadi atau personal terhadap keputusan pembelian beras merah di Kota Surakarta. Metode dasar penelitian ini yaitu explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja atau purposive. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 22. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan purpotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian beras merah adalah variabel sosial, psikologi dan pribadi atau personal, sedangkan variabel kebudayaan tidak berpengaruh signifikan.

Keywords


Beras merah, perilaku konsumen, budaya, sosial, psikologi, pribadi

Full Text:

PDF

References


Anggara, A. W., dan Yulianto, A. (2017). Analisis Kinerja Reksadana Saham dengan Metode Sharpe, Treynor dan Jensen. Jurnal Analisis Management, 6(1), 14–22. http://maj.unnes.ac.id

Ardiani, H. E., Permatasari, T. A. E., dan Sugiatmi, S. (2021). Obesitas, Pola Diet, dan Aktifitas Fisik dalam Penanganan Diabetes Melitus pada Masa Pandemi Covid-19. Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF), 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24853/mjnf.2.1.1-12

Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Reneka Apta.

Aufanada, V., Ekowati, T., Prastiwi, W. D., Membayar, K., Sayuran, P., Di, O., Modern, P., dan Selatan, J. (2017). Kesediaan Membayar Produk Sayuran Organik di Pasar Modern Jakarta Selatan. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, 3(2), 67–75. https://journal.umy.ac.id/index.php/ag/article/view/2609

Badan Pusat Statistik Kota Surakarta. (2021). Kota Surakarta Dalam Angka 2021. Surakarta: BPS Surakarta.

Daeli, E., Ardiaria, M., dan Candra, A. (2018). Pengaruh Pemberian Nasi Beras Merah (Oryza nivara) dan Nasi Beras Hitam (Oryza sativa L.indica) terhadap Perubahan Kadar Gula Darah dan Trigliserida Tikus Wistar (Rattus norvegicus) Diabetes Melitus Tipe 2. JNH(Journal of Nutrition and Health), 6(2), 42–56.

Dinkes Jawa Tengah. (2021). Profil Kesehatan Jawa Tengah 2021. Jawa Tengah: Dinas Kesehatan Jawa Tengah.

Dinkes Surakarta. (2021). Profil Kesehatan Kota Surakarta 2021. Surakarta: Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

Febriani, N. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Beras Di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Agribisnis, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.32520/agribisnis.v9i1.1081

Fitriani, D. (2019). Pengaruh Gender Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus Terhadap Masyarakat Pontianak). CCIT Journal, 12(1), 99–107. https://doi.org/10.33050/ccit.v12i1.605

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., dan Anderson, R. E. (2010). Factor Analysis. In: Multivariate Data Analysis. Pearson Education Inc.

Hariawan, H., Fathoni, A., dan Purnamawati, D. (2019). Hubungan Gaya Hidup (Pola Makan dan Aktivitas Fisik) Dengan Kejadian Diabetes Melitus di Rumah Sakit Umum Provinsi NTB. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.32807/jkt.v1i1.16

Joko Prambudi, dan Imantoro, J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Ukm Maleo Lampung Timur. Jurnal Manajemen Diversivikasi, 1(3), 687–704.

Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2021. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Maharama, A. R., dan Kholis, N. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek di Kota Semarang yang Dimediasi Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 203–2013. https://doi.org/10.30659/ekobis.19.2.203-213

Munandar. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Kopi Espresso. Jurnal Visioner Dan Strategis, 6(1), 1–9.

Nuraini, D., dan Najib, M. (2015). Pengaruh faktor lingkungan pada keputusan pembelian produk susu di pasar tradisional dan modern. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(2), 95–111.

Nuryani. (2013). Potensi Subtitusi Beras Putih Dengan Beras Merah Sebagai Makanan Pokok Untuk Perlindungan Diabetes Melitus. Jurnal Media Gizi Masyarakat Indonesia, 3(3), 157–168. https://journal.unhas.ac.id/index.php/mgmi/issue/download/279/39

Permana, H. (2013). Komplikasi Kronik dan Penyakit Penyerta pada Diabetes. Division of Endocrinology and Metabolism Department of Internal Medicine Padjadjaran University Medical School/Hasan Sadikin Hospita.

Raharjanti, R., Mardinawati, M., Ardiansah, M. N., Hidayati, U., dan Susena, S. (2020). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Transaksi E-Commerce. Jurnal MANAJERIAL, 19(1), 6–12. https://doi.org/10.17509/manajerial.v19i1.22018

Ramadhani, S. T. (2017). Hubungan Perilaku Konsumsi Makanan Sehat dengan Status Gizi Mahasiswa Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, 4, 81–87.

Salisa, F., Rachmatan, R., Kumala, I. D., dan Sari, N. (2022). Mindfulness dan Impulsive Buying Pada Dewasa Awal yang Melakukan Belanja Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(2), 274–281. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i2.53

Supriyono, dan Iskandar, D. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Individu Dan Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Di Indomaret. Jurnal Kelola, 2(3), 43–59.

Syahputro, D., Lie, D., Butarbutar, M., dan Inrawan, A. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cv. Harmoni Lestari Pematangsiantar. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.37403/sultanist.v3i1.39

Syahrial, R., dan Oscarius Yudhi Ari Wijaya. (2021). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Beras Merah di Pasar Tembok Surabaya. Jurnal Ilmiah Edunomika, 05(02), 653–661.

Timpal, N., S.L.H.V.J., L., dan Rate, P. Van. (2016). Pengaruh brand awareness dan brand attitude terhadap keputusan pembelian handphone merek nokia (studi kasus pada siswa sma dan smk di kota manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 308–317. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10779

Veny, J., Sianturi, O., Setiawan, G., Putra, A., dan Ginarsa, W. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Beras Merah Organik di Kota Denpasar. E-Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 2(3), 146–154. http://ojs.unud.ac.id/index.php/JAA

Zamrodah, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Pembelian Beras Organik (Studi kasus di Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar). Jurnal Viabel Pertanian, 15(2), 132–140. https://doi.org/10.35457/viabel.v15i2.1771




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.01.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.