Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Volume Penjualan dan Peramalan Volume Penjualan Kopi di Pt Perkebunan Nusantara IX

Madelin Christin Libriani Sinaga, Edy Prasetyo, Kustopo Budirahardjo

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT Perkebunan Nusantara IX, Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan kopi di PT Perkebunan Nusantara IX dan meramalkan volume penjualan kopi Desember 2018. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode data sekunder. Data sekunder yang digunakan adalah data tahun 2014-2017. Metode analisis data dengan analisis regresi berganda dan analisis trend time series. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan harga pokok penjualan dan beban pemasaran memberi pengaruh positif terhadap volume penjualan kopi. Harga produk tidak memberi pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan kopi. Hasil analisis trend time series menunjukkan bahwa volume penjualan kopi metode winters additive sebagai metode peramalan yang paling baik digunakan untuk pola data musiman dengan MAPE 152.


Keywords


kopi, faktor-faktor, penjualan, trend

Full Text:

PDF

References


Andrews, L., A. Higgins, M. W. Andrews dan J. G. Lalor. 2012. Classic grounded theory to analyse secondary data : reality and reflection. J. The Grounded Theory Review. 11 (1) : 12-26

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hanke, E. J., dan D. Witchers. 2005. Business Forecasting. Pearson Eduacation Inc, New Jersey.

Juanda, B. dan Junaidi. 2012. Ekonometrika Deret Waktu : Teori dan Aplikasi IPB Press, Bogor.

Khulud, Z. Arifin dan Wilopo. 2016. Analisa pengaruh bauran pemasaran terhadap volume ekspor (Studi dengan pendekatan biaya pada komoditi kopi di PT. Asal Jaya). J. Administrasi Bisnis. 32 (2) : 53-58.

Martana, I. K. Kirya dan N. Yulianthini. 2015. Pengaruh jenis produk, biaya promosi dan biaya produksi terhadap volume penjualan. J. Bisma. 3 (1) : 1-8.

Nachrowi, D. Dan H. Usman. 2006. Ekonometrika untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Penerbit FE UI, Jakarta.

Prastowo, E. Karmawati, Rubijo, Siswanto, C. Indrawanto dan S. J. Munarso. 2010. Budidaya dan Pasca Panen Kopi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Bogor

Taylor III, B. W. 2005. Sains Manajemen. Salemba Empat, Surabaya.

Wardah, S. dan Iskandar. 2016. Analisis peramalan penjualan produk keripik pisang kemasan bungkus (Studi kasus : Home Industry Arwana Food Tembilahan). J. Teknik Industri. 11 (3) : 135-142.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.03.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.