Analisa Perilaku Konsumen Kopi di Kabupaten Bondowoso dan Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran Kopi Java Ijen Raung Kabupaten Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.02.19Keywords:
faktor, strategi pemasaran.Abstract
ABSTRAK
Kabupaten Bondowoso merupakan kabupaten penghasil kopi arabika terbaik di Indonesia, yang dikenal dengan Kopi Java Ijen Raung, akan tetapi kopi yang dikonsumsi bukan Kopi Java Ijen Raung melainkan kopi olahan pabrik lainnya. Fenomena ini tentunya mengharuskan agroindustri kopi Java Ijen Raung mengembangkan produk kopinya agar dapat lebih diterima oleh konsumen kopi di Bondowoso. Suatu informasi mengenai perilaku konsumen sangat dibutuhkan dengan melakukan analisa karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kopi, sehingga mempermudah Kopi Java Ijen Raung dalam menentukan strategi pemasarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kopi adalah faktor pribadi dan psikologis, faktor atribut produk, faktor budaya, sosial dan lingkungan eksternal konsumen, faktor kekentalan dan faktor atribut non produk.
References
Armada, N. 2008. Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen Kopi Bubuk Instan. Skripsi. Bogor: Fakutas Pertanian IPB.
Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbut Universitas Diponegoro.
Haryati, Y dan Rahayu, L. P. 2014. Agroindustri Kopi Arabika: Analisis Nilai Tambah, Saluran Pemasaran dan Sistem Manajemen Rantai Pasok. Jurnal JEPA, 10 (2), Februari 2014, 157-168.
Kotler, P dan Keller, K.L. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kusdianto, N. 2015. Efisiensi dan Strategi Pemasaran Kopi Arabika (Coffea Arabica) Java Ijen Raung Di desa Sukorejo Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. Skripsi. Jember: Fakultas Pertanian Universitas Jember.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Peter, J.P dan Olson J.C. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Buku 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat.
Primadani, T. 2012. Analisa Perilaku Konsumen Kopi Di kabupaten Jember Serta Implikasinya Terhadap Staretegi Pengembangan Agroindustri Kopi Bubuk Lokal. Skripsi. Jember: Fakultas Pertanian Universitas Jember.
Utami, R.W. 2009. Segmentasi Dan Analisis Perilaku Konsumen Kopi Bubuk. Jurnal J-SEP, 3(2): 49-58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License