Analisis Usaha dan Nilai Tambah Agroindustri Keripik Tempe di Kedungjenar, Kabupaten Blora, Jawa Tengah

Triana Elizabeth Yulianti, Tinjung Mary Prihtanti

Abstract


Agroindustri adalah usaha indutsri yang memproses hasil pertanian dari bahan nabati (yang berasal dari tanaman) menjadi produk dalam meningkatkan nilai tambahnya. Proses yang digunakan mencakup pengubah dan pengawetan melalui perlakuan fisik atau kimiawi, penyimpanan, pengemasan dan distribusi. Agroindustri merupakan suatu sistem terintegrasi yang melibatkan sumberdaya hasil pertanian, manusia, ilmu dan teknologi, uang dan informasi. Pada penelitian ini bertujuan untuk meneliti usaha agroindustri keripik tempe Kedung Jenar di Blora. Penelitian ini dilakukan dengan observasi dan mewawancarai 3 pengusaha keripik tempe yang ada di jalan Barito, Kedung Jenar tersebut. Dengan pengambilan data yang akan diolah dengan menggunakan analisis biaya, analisis penerimaan, analisis keuntungan, kelayakan usaha, dan nilai tambah. Hasil yang sudah diolah menggunakan beberapa analisis diatas yaitu  di usaha keripik tempe “Titik Cerah” milik Mbak Dwi yang menghasilkan jumlah keuntungan Rp 4.657.000,- dengan jumlah R/C ratio 1,368 yang dapat dikatakan bahwa usaha tersebut efisien dan menguntungkan. Kedua usaha keripik tempe “Bintang” milik mbak Indah menghasilkan keuntungan Rp 831.100,- dengan hasil R/C ratio 1,277 yang dinyatakan bahwa usaha tersebut efisien dan menguntungkan. Sedangkan usaha keripik tempe “Sinar Terang” milik Mbak Rina hanya memiliki keuntungan Rp 361.250,- dengan hasil R/C ratio 0,081 yang dinyatakan bahwa usaha tersebut tidak efisien dan tidak menguntungkan untuk diusahakan.

Kata Kunci : Agroindustri, Keripik Tempe, Nilai Tambah


Keywords


Agroindustri, Keripik Tempe, R/C ratio, Nilai Tambah, Blora

Full Text:

PDF

References


Astuti, Dewi. 2005. Manjemen Keuangan Perusahaan Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia Indonesia

Hayami Y, Kawagoe T, Morooka Y, Siregar M. 1987. Agricultural Marketing and Processing in Upland Java A Perspective From A Sunda Village. Bogor :CPGRT Centre.

Juminang. (2009). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kasmir dan Jakfar. 2012. Studi Kelayakan dan Bisnis. (edisi revisi). Jakarta. Kencana

Mangunwidjaja, D dan Sailah, I. 2009. Pengantar Teknologi Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sadono, Sukirno. 2005. Pengantar Teori Mikro Ekonomi, edisi ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Soekartawi et al. 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan 102 Petani Kecil. Lembaga Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.

Soekartawi. 2001. Pengantar Agroindustri. Edisi 1. Jakarta : Cetakan 2. PT Raja Grafindo Persada. Hal 152.

Soekartawi. 2003. Analisis Usaha. Jakarta : UI Press.

Sumaatmadja. 1981. Studi Geografi: Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Alumni. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.