Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Ramah Lingkungan dalam Pembelian Minuman Kemasan di Universitas Muhammadiyah Malang

Lia Nita Pramudiastuti, Rahayu Relawati, Rahmad Pulung Sudibyo

Abstract


Aktifitas kampus yang cukup padat berdampak pada meningkatnya kebutuhan minuman, sehingga menghasilkan sampah yang cukup banyak. Tujuan penelitian adalah 1) mendeskripsikan sikap civitas akademika terhadap keperdulian lingkungan pasca pembelian minuman kemasan. 2) mendeskripsikan perilaku civitas akademika dalam  memilih kemasan minuman. 3) menganalisis pengaruh faktor demografi dan pilihan jenis kemasan terhadap  skor ramah lingkungan dalam pemilihan kemasan minuman. Variabel yang digunakan adalah gender, usia, pendidikan, pekerjaan, pilihan jenis kemasan karton, kaleng, botol kaca dan plastik. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa civitas akademika UMM belum semuanya membuang sampah secara terpilah. Kemasan minuman yang banyak dipilih adalah plastik. Pekerjaan berpengaruh negatif terhadap skor ramah lingkungan dalam pemilihan kemasan minuman. Pilihan jenis kemasan karton, kaleng, botol kaca, dan plastik berpengaruh positif terhadap skor ramah lingkungan dalam pemilihan kemasan minuman. Rekomendasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah 1) menggalakkan penggunaan botol tumbler bagi seluruh civitas akademika, 2) penambahan tempat sampah terpilah di berbagai tempat di kampus, 3) pengelolaan sampah harus tetap terpilah mulai dari tong sampah, pengangkutan sampai dengan pembuangan akhir.

 


Keywords


civitas akademika, kemasan minuman, plastik, ramah lingkungan

Full Text:

PDF

References


Arum, D. nirmala janie. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press.

Ayuningtyas, E. D. P. (2016). Pengaruh pemilihan produk susu kemasan karton terhadap minat beli konsumen. Ekuilibrium, 3(2), 34–56.

Cuza, A. I. (2012). Factors Influencing Consumption Of Organic Food, 12(1). The USV Annals of Ekonomic and Public Administration

Eskasasnanda, I. D. P. (2013). Mengelola sampah, mengelola hati. Sejarah Dan Budaya, 7(1), 62–75.

Immawati, S. A. (2018). Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan terhadap Kesadaran Merek Dan Dampaknya pada Keputusan Teh Botol Sosro pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang, 1(5), 487–495.

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54.

Novianti, A. I., & Kartika, L. (2017). Pengaruh Green Marketing Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Masyarakat Kota Bogor (The Influence of Green Marketing Policy of Plastic Bags Levy against Green Behavior of the people in Bogor City). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis

Nuryanti, B. L., & Rahman, A. Y. (2008). Pengaruh variasi dan kemasan produk terhadap keputusan pembelian teh kotak ultrajaya (Survei pada Mahasiswa FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia). Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis.

Rana, J., & Paul, J. (2012). Consumer behavior and purchase intention for organic. Journal Of Consumer Marketing.

Rasheed, K. O., & Adedapo, O. A. (2016). Product Brand Package and Consumer Purchase Behaviour in Food and Beverages Industry of Lagos State Nigeria. International Journal of Management and Commerce Innovations, 3(2), 511–519.

Resmi, N., & et. (2015). Pengaruh Kemasan Dan Harga Pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(1), 1–20.

Rini, A. S., & Et.al. (2017). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Sikap Dan Niat Beli Produk Hijau “the Body Shop” Di Kota Denpasar. Bisnis Universitas Udayana, 6(1), 137–166.

Rofiatin, U., & et.al. (2011). Pola willingnes to pay (wtp) dan faktor – faktor yang mempengaruhi terhadap pilihan sayur organik dan anorganik masyarakat Kota Malang. Jurnal optima, 11.

Sihombing, R. Y. (2015). Pengaruh Faktor Harga, Rasa, Dan Kemasan Susu Bear Brand Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara. Journal of Chemical Information and Modeling,

Sudarso, A., & Et.al. (2015). Pengaruh Kemasan Dan Harga Frestea Terhadap Keputusan Pembelian Remaja Kota Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Susetyarsi, T. (2012). Kemasan produk di tinjau dari bahan kemasan,bentuk kemasan dan pelabelan pada kemasan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk minuman mizone di kota semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19–28.

Ursula, M., & et.al. (2013). Konsumen Ramah Lingkungan : Perilaku Konsumsi Hijau Civitas Academica Universitas Diponegoro. Journal of Chemical Information and Modeling

Zuhdi, S. (2015). Pengaruh Kemasan Produk Dan Label Produk Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Produk Coca-cola ). Jurnal Manajemen, (September).




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.