Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Komoditas Salak Pondoh di Desa Girikerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.04.20Keywords:
Efisiensi Pemasaran, Pola Saluran pemasaran, Salak PondohAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pola saluran pemasaran salak pondoh, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Efisiensi pemasaran, faktor – faktor yang mempengaruhi efisiensi pemasaran dan menganalisis perbedaan antara efisiensi pemasaran dengan standar efisiensi. Pemilihan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling). Pengambilan sampel responden menggunakan metode simple random sampling dan Penentuan responden penelitian menggunakan metode slovin dengan jumlah responden petani sebesar 93 sedangkan responden pedagang ditentukan dengan snowball sampling didasarkan pada informasi dari responden sebelumnya sebesar 33. Analisis efisiensi pemasaran dianalisis menggunakan Metode deskriptif untuk mengetahui pola saluran di daerah tersebut dan metode kuantitatif untuk analisis Margin pemasaran, analisis farmer’s share, analisis efisiensi, regresi linier berganda dan analisis Uji beda One Sample T-test Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 4 pola saluran pemasaran di desa girikerto, nilai Margin pemasaran pada tiap pola I, III, III dan IV masing masing sebesar masing Rp 0/Kg , Rp 3.630 /Kg, Rp 5.984 /Kg dan Rp 5.932/Kg dan nilai Farmer’s share pada pola I, II, III, IV masing – masing sebesar 100%, 63%, 39% dan 42%, Efisiensi Pemasaran berdasarkan persentase Margin total pada pola I sebesar 0% termasuk kategori efisien dan pola II, III dan IV masing – masing sebesar 38%, 62% dan 59% termasuk kategori kurang efisien. Hasil analisis regresi linear berganda disimpulkan bahwa variabel bebas yaitu harga jual petani, harga beli konsumen dan biaya pemasaran merupakan faktor yang mempengaruhi efisiensi pemsaran dan efisiensi pemasaran terdapat perbedaan dengan standar efisiensi pemasaran.
References
Amin, M. M., M. Harisudin dan Setyowati. 2016. Analisis marjin pemasaran temulawak di Kabupaten Wonogiri. J. Agrista. 4 (3) : 550 – 559.
Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.
Faika, E. F. 2015. Analisis Margin dan Efisiensi pemasaran Day Old Duck (DOD) pada beberapa lembaga lembaga pemasaran di kabupaten sidrap. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.
Hanafie, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Andi, Yogyakarta.
Hastian. 2010. Analisis efisiensi pengolahan dan pemasaran hasil usahatani kelapa
di Kabupaten Bombana. J. Agriplus, 20 (1) : 77 – 87.
Januwiata, I. K., I. K. Dunia dan L. Indrayani. 2014. Analisis saluran pemasaran usahatani jeruk di Desa Kerta Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar Tahun 2013. J. Agri-Sosioekonomi 4 (1) : 1 – 12.
Kurnia, Y. 2017. Pengaruh Biaya pemasaran terhadap volume penjualan industri kerajinan tikar mendong mekar putra Tasikmalaya. J-Ensitec 4 (1) 168 – 176.
Mantra I. B. 2004. Demografi Umum. Pustaka Pelajar. Jakarta.
Mubyarto. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES. Jakarta.
Santoso dan Singgih. 2003. Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS versi 11.5. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.
Soekartawi. 2005. Analisis Usaha Tani. Jakarta: UI Press 2006. Jakarta.
Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian. UMM Press, Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License