Analisis Penetapan Harga Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Kopi Saluan di Desa Tontouan, Banggai

Fadhilatul Amalia Adwan, Yuni Rustiawati, Dian Puspapratiwi

Abstract


Perusahaan yang menghasilkan suatu produk dalam proses produksinya memerlukan fakta mengenai berapa jumlah biaya yang digunakan dalam menerbitkan  produk-produk tersebut dan sekaligus diharapkan dapat menghitung dan menentukan harga pokok penjualan yang tepat dan produk yang dihasilkan. Adapun tujuan yang ingin diraih dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui  Usaha Mikro Kecil Menengah Kopi Saluan dalam melakukan penetapan harga jual produk, dengan menggunakan metode  analisis data deskriptif kuantitatif, dimana metode full costing untuk menghitung harga pokok produksi dan metode penetapan harga berbasis biaya cost plus pricing untuk menentukan harga jual kepada konsumen. Sehingganya hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah kopi saluan yang berdasarkan  komponen full costing terhadap harga jual yang ditetapkan perusahaan lebih tinggi dari pada harga jual yang dihitung berdasarkan metode Cost Plus Pricing. Artinya penetapan harga kopi saluan di Tontouan Kabupaten Banggai sudah terpenuhi dari standar keuntungan minimum


Keywords


Harga, UMKM, Kopi Saluan

Full Text:

PDF

References


Anam, C., Muzayana, E., Atmaja, R. P., & Purnomo, D. (2021). Evaluasi Mutu Kopi Robusta Di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun Jawa Timur. Pro Food, 6(2), 729-735.

Edvan, B. T., Edison, R., & Same, M. (2016). Pengaruh jenis dan lama penyangraian pada mutu kopi robusta (Coffea robusta). Jurnal Agro Industri Perkebunan, 31-40.

Chaniago, H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga pada Loyalitas Konsumen Nano Store. International Journal Administration, Business and Organization, 1(2), 2020.

Woran, R., Ilat, V., & Mawikere, L. (2014). Penentuan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing Pada Ud. Vanela. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2).

Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 287-292.

Arta, A., & Hamsal, M. (2015). Analisis Penetapan Strategi Bisnis Dan Posisi Persaingan PT. WOM Finance Jakarta. Journal of Business Strategy and Execution, 8(1), 97-121.

Purrohman, P. S., & Ilham, M. (2015). Penetapan Harga Diskriminasi Cabe Rawit Merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Jurnal Utilitas, 1(2), 145-156.

Moray, J. C., Saerang, D. P. E., & Runtu, T. (2014). Penetapan Harga Jual Dengan Cost Plus Pricing Menggunakan Pendekatan Full Costing Pada Ud Gladys Bakery. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2).

Kamener. (2016) The Analysis Of Factors Affect The Quality Of Competitive Strategy In Industry SME For Embroidery At Padang City. Journal of Economic and Economic Education Vol, 5(1), 90-105.

Syarief, F. (2020). Pengembangan Dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Yayasan Barcode. Makassar.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.02.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.