Migrasi Internasional Perempuan Desa dan Pemanfaatan Remitan di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur

Arini Roro Anggun

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang jumlah penduduk miskin besar, diukur melalui pendapatan perkapita dan pengeluaran perkapita yang memiliki rata-rata dibawah garis kemiskinan. Tujuan penelitian menganalisis faktor penyebab terjadinya migrasi internasional, remitan dan pemanfaatannya, dampak sosial dari migrasi internasional dan hubungan antara remitan dengan pemanfaatan remitan. Penelitian dilakukan di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Wuluhan, Kota Jember, Provinsi Jawa Timur. Pada penelitian ini instrumen penelitian dengan menggunakan pengujian validitas dan realibilitas untuk mengetahui keabsahan kuesioner yang digunakan. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier dan uji korelasi Rank Spearman. Faktor pendorong yang paling dominan terdapat pada tanggungan keluarga, tingkat pendapatan dan lapangan pekeraan. Faktor penarik yang paling dominan terdapat pada tingkat pendapatan, lapangan pekerjaan dan kondisi lingkungan. Remitan yang dikirimkan cenderung tinggi serta menyesuaikan dengan tingkat pendapatan responden ketika bekerja. Dampak perubahan sosial yang terjadi pada responden yaitu lebih mandiri dalam pekerjaan serta memberikan pengaruh positif pada masyarakat sekitar dengan memberikan gagasan atau ide yang tertuang didalam usaha pertanian responden. Berdasarkan pengujian regresi linier didapatkan bahwa terdapat pengaruh faktor pendorong dan faktor penarik secara simultan terhadap keputusan untuk bermigrasi. Terdapat hubungan yang signifikan antara remitan dengan pemanfaatan remitan dalam migrasi internasional dengan nilai korelasi sangat kuat.


Keywords


Migrasi Internasional, Faktor Penyebab Migrasi, Remitan, Pemanfaatan Remitan

Full Text:

PDF

References


Dibyantoro, B. (2014). Pola Penggunaan Remitan Tenaga Kerja Indonesia Serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Daerah Asal. Jurnal Teknik PWK UNDIP, 1-14.

Indraddin. (2016). Strategi dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: deepublish.

Irawaty, T. (2011). Migrasi Internasional Perempuan Desa dan Pemanfaatan Remitan di Desa Pusakajaya. Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia, 1-14.

Kho, D. (2019, Desember 27). Teknikelektronika. Diambil kembali dari Analisis Regresi Linear Sederhana: https://teknikelektronika.com

Primawati, A. (2011). Remitan Sebagai Dampak Migrasi Pekerja Ke Malaysia. Sosiokonsepsia, 209-222.

Siregar, H. F. (2020). Perubahan Sosial Budaya dan Tingkat Kesejahteraan Migran Batak di Sektor Informal di Kota Bogor. Institut Pertanian Bogor, 1-10.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.02.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.