Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Hidroponik CV ABC Menggunakan Pendekatan SWOT dan QSPM

Daffa Sandi Lasitya, Hayatin Sapitri, Suntari Nur , Cahyani, Achmad Kharisudin

Abstract


Setiap unit usaha baik berukuran besar maupun kecil tentunya menghadapi persaingan bisnis yang ketat. Perusahaan harus mampu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta memberikan pelayanan yang memuaskan agar dapat memenangkan persaingan bisnis. Adapun upaya yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan suatu strategi. Strategi yang dikembangkan dapat memaksimalkan keuntungan melalui keunggulan kompetitif dan minimalisir keterbatasan bersaing. Adapun tujuan penelitian yaitu menyusun strategi pengembangan usaha yang maksimal dalam menghadapi persaingan melalui matriks faktor internal dan eksternal, matriks SWOT, dan QSPM. Penelitian menggunakan data primer yang berasal dari hasil wawancara terhadap pemilik CV ABC beserta pihak manajemen yang menangani bagian produksi, pemasaran, dan administrasi usaha. Berdasarkan analisis faktor internal dan faktor eksternal diperoleh hasil CV ABC berada pada kuadran V yang menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi hold and maintain. Sedangkan jika ditinjau dari hasil matriks grand strategy menunjukkan bahwa CV ABC berada pada posisi S-O, yang berarti perusahaan dapat mempertahankan kekuatan yang dimiliki dan memanfaatkan peluang yang ada untuk melakukan perbaikan. Berdasarkan analisis QSPM, CV ABC berada pada strategi 1 yang mengindikasikan bahwa perusahaan perlu memprioritaskan dan memfokuskan kegiatan usaha untuk mengoptimalkan pemasaran digital. Kata Kunci : CV ABC, QSPM, Strategi, SWOT

Keywords


CV ABC, QSPM, Strategi, SWOT

Full Text:

PDF

References


Ace, S. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Inni Dawet Cincau Desa Sumengko Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial, 5(8.5.2017), 2003–2005.

Baroto, T., Purbohadiningrat, C. (2014). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Ppob Kipo Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM. Jurnal Teknik Industri, 15(1), 88. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol15.no1.88-102

Buyukozkan, G., Oyku, I. (2018). Integrated SWOT Analysis With Multiple Preference Relations: Selection of Strategic Factors for Social Media. Journal. doi: 10.11081/k-12-2017-052

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Teori dan Praktik. In Bumi Aksara.

Hendriani, Susi. (2018). The Role of Cooperative Development Strategy to Improving the Succes of Village Cooperative (KUD) In Riau Indonesia. International Journal of Law and Management. Doi: 10. 1108/ijlma-11- 2016-0132.

Kusmanto, H., Warjio, W. (2019). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 324. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.13583

Leksono, B. B., & Putra, R. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Produk Dangkrik di Dusun Kulubanyu , Kabupaten Mojokerto. 2(1), 235–242.

Malonda, P. M., Moniharapon, S. (2019). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Bakso Baper Jogja. Jurnal EMBA, 7(3), 3827–3836.

Ofosu-Boateng, N. R. L. (2017). A SWOT Analysis of Maritime Transportation and Security in the Gulf of Guinea. Open Journal of Social Sciences, 05(08), 14–34. https://doi.org/10.4236/jss.2017.58002

Sahat, D., Manalu, T., Maya, D., Tarigan, S. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis PT Momenta Afrikultura Amazing Farm, Lembang, Jawa Barat. Mahatani, 1(2), 96–120.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.