Perubahan Sosial Kultural Dalam Perkembangan Pariwisata Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang

Intan Qisthi Arbiati

Abstract


Pembangunan desa wisata diupayakan untuk memberdayakan masyarakat, meningkatkan kepedulian dan kesiapan dalam menyikapi potensi pariwisata di wilayah mereka. Masyarakat nantinya dapat menjadi tuan rumah dari para wisatawan yang berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan dan menganalisis perubahan super-struktur ideologis masyarakat Desa Sanankerto, Mendeskripsikan dan menganalisis perubahan struktur sosial masyarakat Desa Sanankerto dengan cara mengetahui stratifikasi sosial yang terjadi seiring berkembangnya Desa Wisata Sanankerto, Mendeskripsikan dan menganalisis perubahan infrastruktur material masyarakat Desa sanankerto. Penelitian ini mengunakan kajian deskriptif kualitatif. Metode penentuan informan penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik snowball sampling dan purposive sampling baik penentuan informan pertama maupun informan selanjutnya. Adapun informan pada penelitian ini merupakan 12 orang dari berbagai Stakeholder. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa ideologi umum pada super struktur ideologis. Perubahan ideologi umum ditandai dengan terlepasnya Desa Sanankerto dari status desa IDP dengan memperbaiki potensi-potensi desa wisata, sumberdaya alam dan manusia dan terlaksananya Grebeg 1001 Tumpeng. Perubahan pengetahuan ‘warga melalui stakeholder penta helix yang memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat, pedagang, pengerajin, peternak dan pelaku pariwisata lainnya di Sanankerto. Desa Sanankerto tidak mengenal stratifikasi pada hubungan sosialnya, namun secara tidak langsung terdapat juga stratifikasi di dalamnya yang berubah dengan seiring perkembangan zaman. Perubahan infrastruktur material masyarakat Desa Sanankerto di bidang teknlogi dan ekonomi. Perubahan teknologi pada Desa Sanankerto dimana pada saat ini infrastruktur di Desa sanankerto semakin baik. Perubahan ekonomi pada Desa Sanankerto yang dirasakan oleh masyarakat yaitu perekonomian warga terus meningkat dengan seiring perkembangan Desa Wisata Sanankerto.


Keywords


Sosial Kultural, Perkembangan, Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Bambang Sunaryo. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media

Budiyah, F. 2020. Implikasi Pengembanan Desa Wisata terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Lokal Studi Kasus di Desa Ketenger. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 22(2), 182-190.

Gunawan, H., Suryadi, K & Malihah, E. 2015. Analisis Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Desa Cihideung sebagai Desa Wisata. Jurnal Sosietas. 5(2), 1-9.

Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2020. Ringkasan Eksekutif: Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Jakarta: Bappennas

Mayarni & Meiwanda, G. 2018. Peningkatan Ekonomi Rakyat Berbasis Desa Wisata. Jurnal Kebijakan Publik, 9(2), 61-124.

Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan

Pratheep, P.S. 2017. The Impact of Tourism on Indian Culture. KnE Social Sciences, 1(3), 429.

Ritchi, H. 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Upaya Peningkatan Aksesibilitas UKM (Desa Wisata) Kepada Pasar di Lokasi Wisata Pangandaran dan Sekitarnya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1), 36-40.

Rogers, Everett M. 1986. Communication Technology: The New Media in Society. London : The Free Press.

Sanderson, S. K. (2000). Makro Sosiologi Sebuah Pendekatan Terhadap Realitas Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Satria, D. 2009. Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Lokal dalam Rangka Program Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Kabupaten Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 3(1), 37-47.

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Perdsada

Subejo, S., Chamidah, N., Nirmalasari, N., Suyoto, S., Hariadi, S. S., Muhammad, M., Selvi, A. M., Siddiq, D. M., Imawan, K & Isamayana, I. 2021. Strategi Komunikasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi salam Pengembangan Ketahanan Desa Wisata pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cirebon. Jurnal Ketahanan Nasional. 27(1), 90-111.

Sudarsana, I. K. 2021. Analisis Kebutuhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Desa Wisata (Studi Kasus pada Desa Wisata Jasri, Kabupaten Karangasem). Jurnal Ilmiah Hospitality Management. 10(1), 10-21.

Undang Undang No. 9 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan.

UNESCO. 2009. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000185505 diakses pada tanggal 20 September 2022 pukul 21:30 WIB.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.03.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.