Loyalitas Pelanggan Coffe Shop Lokal Di Daerah Istimewa Yogyakarta Pada Era Industri 4.0
Abstract
Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak coffee shop dibuktikan dengan adanya potensi ekonomi usaha coffee shop yang sangat tinggi. Saat ini, coffee shop lokal sudah mampu disandingkan dengan coffee shop global. Coffee shop lokal di era industri 4.0 berlomba untuk bersaing menghadapi pasar global yang sangat dinamis dengan berbagai cara. Bisnis coffee shop sekarang ini sudah cukup banyak diterapkan konsep industri 4.0 untuk mendukung berbagai fasilitas yang disediakan oleh para pelaku bisnis dalam memuaskan pelanggan. Loyalitas merupakan dimensi yang muncul ketika pelanggan merasa puas terhadap sesuatu. Pentingnya loyalitas pelanggan bagi suatu bisnis sangat diharapkan dapat mempertahankan pelanggannya dalam jangka waktu panjang, agar keberlanjutan suatu bisnis terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan dan loyalitas pelanggan di coffee shop lokal independen dan coffee shop lokal waralaba, serta pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan coffee shop lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta pada era industri 4.0. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Ditetapkan Total responden sebesar 173 responden dari 86 coffee shop lokal independen dan 87 coffee shop lokal waralaba. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner online dan dievaluasi menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling atau SEM dan uji beda rerata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan dan loyalitas pelanggan antara coffe shop lokal independen dan waralaba tidak memiliki perbedaan yang signifikan (nilai sig. 2-tailed > 0,05) dan kepuasan memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 7,67%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrar, Rahadi S. 2022. Ada 3.000 Kedai Kopi di Seluruh Yogya, Terpadat di Indonesia. https://kumparan.com/pandangan-jogja/ada-3-000-kedai-kopi-di-seluruh-yogya-terpadat-di-indonesia-1ympBAlgDYG [Diakses 4 April 2023].
Bowden-Everson, J. L. H., Dagger, T. S., & Elliott, G. (2013). Engaging Customers for Loyalty in the Restaurant Industry: The Role of Satisfaction, Trust, and Delight. Journal of Foodservice Business Research, 16(1), 52–75. https://doi.org/10.1080/15378020.2013.761025
Ha, H., John, J., Janda, S., & Muthaly, S. (2011). The effects of advertising spending on brand loyalty in services. European Journal of Marketing, 45(4), 673–691. https://doi.org/10.1108/03090561111111389
Hanaysha, J. (2016). Testing the effects of food quality, price fairness, and physical environment on customer satisfaction in fast food restaurant industry. Journal of Asian Business Strategy, 6(2), 31–40. https://doi.org/10.18488/journal.1006/2016.6.2/1006.2.31.40
Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2017). Peluang Usaha Industri Kecil Kopi. Https:// Kemenperin.Co.Id.//Download/17797/Peluang-Usaha-Industri-Kecil.
Kim, S.-H., Kim, M., & Lee, S. (Ally). (2019). The consumer value-based brand citizenship behavior model: Evidence from local and global coffee businesses. Journal of Hospitality Marketing & Management, 28(4), 472–490. https://doi.org/10.1080/19368623.2019.1528916
Kim, W. G., Li, J. J., & Brymer, R. A. (2016). The impact of social media reviews on restaurant performance: The moderating role of excellence certificate. International Journal of Hospitality Management, 55, 41–51. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2016.03.001
Kusumawati, A. & Karisma, S. R. (2019). The Effect of Experience Quality on Customer Perceived Value and Customer Satisfaction and Its Impact on Customer Loyalty. The TQM Journal, 1754-2731 DOI 10.1108/TQM-05-2019-0150
Nam, J., Ekinci, Y., & Whyatt, G. (2011). Brand equity, brand loyalty and consumer satisfaction. Annals of Tourism Research, 38(3), 1009–1030. https://doi.org/10.1016/j.annals.2011.01.015
Rusti, N., Irham, I., & Suryantini, A. (2021). The Factors That Affect The Satisfaction of Local Coffee Shop Customers in The 4.0 Industry Era. Agro Ekonomi, 32(2). https://doi.org/10.22146/ae.60861
Song, H., Wang, J., & Han, H. (2019). Effect of image, satisfaction, trust, love, and respect on loyalty formation for name-brand coffee shops. International Journal of Hospitality Management, 79, 50–59. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.12.011
Shin, Chung-Sub., et. al. (2015). The Impact of Korean Franchise Coffee Shop Service Quality and Atmosphere on Customer Satisfaction and Loyalty. East Asian Journal of Business Management, ISSN: 2234-3059 doi: 10.13106/eajbm.2015.vol5.no4.47.
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.02.15
Refbacks
- There are currently no refbacks.