Pengaruh Marketing Mix Produk Melon Hidroponik The Farmhill terhadap Loyalitas Pelanggan di Kota Semarang

Mashita Alfairuz Afza, Kustopo Budiraharjo, Edy Prasetyo

Abstract


Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2021 di The Farmhill store Kota Semarang. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive). Penelitian bertujuan menganalisis bauran pemasaran produk melon hidroponik dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran melon hidroponik The Farmhill terhadap loyalitas pelanggan di Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 pelanggan melon hidroponik di The Farmhill di Kota Semarang. Data yang dikumpulkan dari data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan paket program SPSS 21.0. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah nilai dari Adjusted R Square sebesar 0,732 atau 73,2%, yang menunjukkan bahwa variabel produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan sebesar 0,732 atau 73,2% dan sisanya 26,8 % dipengaruhi oleh variabel lain. Aspek marketing mix yang meliputi variabel produk, harga, tempat, dan promosi secara serempak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan melon hidroponik The Farmhill di Kota Semarang. Secara parsial aspek marketing mix yang meliputi variabel produk, tempat, dan promosi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melon hidroponik The Farmhill di Kota Semarang, sedangkan variabel harga tidak mempengaruhi loyalitas pelanggan melon hidroponik The Farmhill di Kota Semarang.


Keywords


Marketing mix, melon hidroponik, loyalitas pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Diah, A. R. (2015). Hidroponik Wick System. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Hortikultura, D. J. (2013). Pedoman Teknis Kegiatan Peningkatan Produksi, Produktivitas dan Mutu Produk Tanaman Buah Tahun 2014. Kementrian Pertanian, Jakarta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivriate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivriate dengan Program SPSS IBM SPSS 23 Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, P dan G. Amstrong. (2012). Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung.

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media, Yogyakarta.

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. PT Elex Media Komputido, Jakarta.

Selang, C. A. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart bahu mall Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 71–80.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suharyadi, & Purwanto. (2011). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Salemba Empat, Jakarta.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta, Jakarta.

Umar, H. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. PT Raja Grafindo, Persada.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.02.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.