Analisis Perilaku Konsumen Tanaman Anggrek Di Kota Batu

Nova Anggraeni, Noor Harini, Sutawi Sutawi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi perilaku konsumen tanaman anggrek, mengetahui jenis anggrek yang paling banyak disukai konsumen dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli tanaman anggrek di Kota Batu. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dan penarikan sampel menggunakan Accidental Sampling Non-Probability. Data primer didapatkan melalui penyebaran kuesioner pada pembeli tanaman anggrek di Kota Batu sebanyak 50 dan data sekunder diperoleh dari studi literatur terbaru yang berkaitan dengan penelitian dari berbagai sumber terkait terpercaya. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif, skala likert’s, uji validitas dan uji reabilitas.Hasil penelitian diperoleh konsumen anggrek terbanyak berjenis kelamin perempuan, usia dibawah 40 tahun dan tingkat pendapatan 3.100.000-5.000.000 rupiah. Jenis anggrek dendrobium yang paling disukai. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor psikologis, sosial dan pribadi.
Kata Kunci: : Perilaku Konsumen, Anggrek, Kota Batu


Keywords


Perilaku Konsumen, Anggrek, Kota Batu

Full Text:

PDF

References


Batukota.go.id. 2022. Profil Kota Batu.

Badan Pusat Statistik. 2023. Jatim Dalam Angka. BPS Provinsi Jawa Timur: Surabaya.

Fauzi, Muhammad Ikmal dan Yuliawati. 2020. Perilaku Konsumen Dalam Membeli Sayuran Organik PO Sayur Organik Merbabu (Studi Kasus Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) Voume 4, Nomor 4 (2020): 752-762.

Gunawan, Surya Pranata dan Nurdiah, Esti Asih. 2018 Fasilitas Eduwisata Dan Pembudidayaan Anggrek di Kota Batu. Jurnal Edimensi Arsitektur Vol. VI, No 1, (2018), 273-280.

Handoyo, Frangkie. 2021. Anggrek Spesies Papua. DPD PAI Papua: Jayapura.

Kamilah, Inna Insaana. 2019. Analsis Keputusan Konsumen Tanaman Hias (Pot Plant) di Kios Bunga Barokah Kota Batu. Skripsi . Universitas Muhammadiyah Malang.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2020. Outlook Anggrek. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian: Jakarta…

Mendrofa, Natanel Arya Nanda dan Sunaryanto, Lasmono Tri. 2020. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Belanja Online di Pasar Tradisional Kota Semarang (Studi Kasus pada Konsumen Situs Tumbasin.id Site) Agrika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, Volume 14 Nomor 1, Mei 2020.

Putri, Afrianingsih., Hasnah., Paloma, Cindy., Yusmarni. 2021. Perilaku Konsumen Dalam Membeli Kopi Di Masa Pandemi COVID 19 Pada Cofee shop Kota Padang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) Volume 5, Nomor 4 (2021): 1308-1321.

Saifullah, Muhammad Sauqi., Haris Udin, Mohamad., Setiowati. 2022. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Tanaman Hias Sekulen Ssecara online di Eks Karesidenan Surakarta. Jurnal Agrista Vol.10 No.4 Desember 2022: 11/23.

Sarinastiti, Novia Irdiyanti. 2013. Analisis Hubungan Promosi dan SIkap Konsumen Dengan Volume Penjualan Tanaman Hias Anggrek (Studi Kasus di Handoyo Budi Orchid Malang). Skripsi. Universitas Brawjiaya: Malang

Setiadi, N.J.2015. Perilaku Konsumen. Kencana: Jakarta.

Sipayung, Mai Hendra., Rosnita., Eliza. 2017. Perilakuy Konsumen Dalam Membeli tanaman Hias di Kota Pekanbaru. IJAE Volume 8 Nomor 2 , Desember 2017.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2018. Metode Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif dan R7D. Alfabeta: Bandung

Yatiman. 2018. Analsisi Faktor-Faktor yang Mempengharuhi perilaku Knsumen dalam Keputusan Pembelian Anggrek (Orchidaceae) di Tempat Usaha Yusra dan Windha-Wan Florist. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara: Medan




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.01.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.