Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Durian Lokal di Kota Semarang

Vita Kusuma Mulyasari, E. Prasetyo, D. Sumarjono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen buah durian lokal dan menganalisis preferensi konsumen buah durian lokal di kota Semarang. Penelitian dilakukan di kota Semarang pada tanggal 1 November 2018 – 3 Januari 2019. Penelitian menggunakan metode survei dengan jumlah sampel ditentukan secara quota sebanyak 100 responden konsumen durian lokal di Semarang yang dipilih menggunakan metode pengambilan sampel accidental sampling. Analisis yang digunakan yaitu analisis chi square dan analisis konjoin. Hasil analisis chi square menunjukkan bahwa adanya hubungan antara jumlah anggota keluarga dengan jumlah pengeluaran untuk pembelian durian dalam 1 tahun dan hubungan antara pekerjaan dengan jumlah pembelian durian dalam 1 tahun. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa konsumen lebih menyukai durian lokal yang memiliki ciri berukuran besar, beraroma agak menyengat dan memiliki rasa manis. Atibut yang paling penting pada buah durian bagi konsumen dilihat dari nilai importance values adalah ukuran (41,063 %) dan rasa (40,169 %). Atribut yang tidak begitu penting yaitu aroma sebesar 18,768 %. 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen buah durian lokal dan menganalisis preferensi konsumen buah durian lokal di kota Semarang. Penelitian dilakukan di kota Semarang pada tanggal 1 November 2018 – 3 Januari 2019. Penelitian menggunakan metode survei dengan jumlah sampel ditentukan secara quota sebanyak 100 responden konsumen durian lokal di Semarang yang dipilih menggunakan metode pengambilan sampel accidental sampling. Analisis yang digunakan yaitu analisis chi square dan analisis konjoin. Hasil analisis chi square menunjukkan bahwa adanya hubungan antara jumlah anggota keluarga dengan jumlah pengeluaran untuk pembelian durian dalam 1 tahun dan hubungan antara pekerjaan dengan jumlah pembeliandurian dalam 1 tahun. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa konsumen lebih menyukai durian lokal yang memiliki ciri berukuran besar, beraroma agak menyengat dan memiliki rasa manis. Atibut yang paling penting pada buah durian bagi konsumen dilihat dari nilai importance values adalah ukuran (41,063 %) dan rasa (40,169 %). Atribut yang tidak begitu penting yaitu aroma sebesar 18,768 %. 


Keywords


preferensi konsumen, pembelian durian lokal, Kota Semarang

Full Text:

PDF

References


Adiyoga, W. dan Normalinda. 2012. Analisis konjoin preferensi konsumen terhadap atribut produk kentang, bawang merah, dan cabai merah. J. Hortikultura. 22 (3): 292-302.

Arlofa, N. 2015. Uji kandungan senyawa fitokimia kulit durian sebagai bahan aktif pembuatan sabun. J. Chemtech. 1 (1): 18-22.

Ashari, Sumeru. 2017. Durian King of the Fruits. UB Press, Malang.

Balido, M. R. A. S.R. 2017. Analisis Kepuasan Konsumen di Dapur Mpok Duren Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi

Eriyanto. 2011. Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia Group, Jakarta.

Fraenkel, R.J. dan Wallen N.E. 1993. How to design and evaluate research in education. McGraw-Hill, New York.

Gardjito, M. dan Yuliana R. S. 2018. Fisiologi Pasca Panen Buah dan Sayur. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Heryanah. 2016. Ketahanan pangan rumah tangga di Jawa Barat. J. Populasi. 24 (2): 8099

Irwan. 2018. Dinamika dan Perubahan Sosial Pada Komunitas Lokal. Deepublish, Yogyakarta.

Januarti, R., Lily F. Sinar I. K. 2015. Analisis keputusan konsumen membeli buah di pasar modern Di Kota Medan. J. Sosial Ekonomi Pertanian. 4 (9): 1-11.

Kartika, N. D., Evita S. H., Rudi H. 2010. Analisis perilaku konsumen buah di pasar tradisional dan pasar modern Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. J. Sosial Ekonomi Pertanian. 4 (1): 24-36

Kotler, P. dan K.L. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Kusumaningtyas, R.D., Hardi S., Ria W. 2017. Pengolahan limbah durian di wilayah Gunungpati menjadi biopestisida yang ramah lingkungan.J. Rekayasa. 15 (1): 38-43.

Marbun, D., Basuki S. P., Melli S. 2015. Analisis persepsi, sikap dan perilaku konsumen terhadap pancake durian (studi kasus: pancake durian produksi Celebrity Pancake). J. Agrisep. 15 (2): 215-226.

Musdalifah. 2012. Kajian preferensi konsumen terhadap buah-buahan lokal di Kota Banjarbaru. J. Agribisnis Pedesaan. 2 (4): 297-309.

Nurdin, M, 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Preferensi Konsumen Buah Di Pasar Cibinong Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Universitas Gajah Mada. Skripsi.

Pasaribu, E. S., Salmiah, Kelin T. 2015. Analisis conjoint terhadap preferensi konsumen pada buah durian di Medan. J. Sosial Ekonomi Pertanian dan/Agribisnis. 3 (9): 1-12.

Pricilia, D. P. 2016. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Di Sop Duren Lodaya Bantarjati Kota Bogor. Institut Pertanian Bogor. Skripsi.

Priyatno, D. 2011. Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Yogyakarta, Mediakom.

Purnaya, I. G. K. 2016. Ekonomi dan Bisnis. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Redaksi Trubus. 2012. Dunia Durian. PT Trubus Sawadaya, Depok.

Retnaningsih, Parhati, Simanjuntak. 2013. Analisis perilaku pembelian buah di pedesaan dan perkotaan. J. Ilmu Keluarga dan Konsumen. 6 (2): 127-136.

Sangadji, Etta M., Sopiah. 2013. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta, Erlangga.

Santoso, S. 2016. Panduan Lengkap SPSS versi 23. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sari, A. R. 2015. Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Buah-.Buahan Di Toko Buah Sekitar Pasar Induk Buah Dan Sayur Gemah Ripah. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi.

Sayyidah B. E., Soetriono, Raharto S. 2017. Karakteristik dan preferensi konsumen durian lokal di Kabupaten Jember. J. Agribest. 1 (2): 125-135.

Setiadi. 2008. Bertanam Durian. Penebar Swadaya, Jakarta.

Setiadi, N.J. 2010. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Kencana, Jakarta.

Sobir dan Rodame M. N. 2010. Durian Unggul. Penebar Swadaya, Jakarta. Suci, D. W., Eliza, Envy M. 2014. Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan.konsumen dalam pembelian buah dan sayur sistem ritel di Pasar Buah,Pekanbaru. J. Faperta. 1 (2): 1-15

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Tirtawinata, M.R., Panca J. S., Leni H. A. 2016. Pengetahuan Dasar untuk Pecinta Durian. AgriFlo, Jakarta. Wibowo E. dan Setyaningsih S.U. 2012. Hubungan karakteristik konsumen dengan karakteristik konsumen di warung lesehan di Kota Surakarta. J. Ekonomi dan Kewirausahaan. 2 (2): 157-165.

Widyasari, A. Z. 2011. Analisis Karakteristik dan Persepsi Konsumen Beras Kemasan Manufacture Bran Serta Pengaruhnya Terhadap Jumlah Pembelian. Skripsi.

Zakiah. 2012. Preferensi dan permintaan kedelai pada industri dan implikasinya terhadap manajemen usaha tani. J. pertanian. 28 (1): 77-84.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.01.09

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.