Pengaruh Atmopherics Stimuli Terhadap Minat Beli Konsumen Buah-Buahan (Studi Kasus di Istana Buah Blimbing, Malang)

Elizabeth Marito Sagala, Budi Setiawan, Riyanti Isaskar

Abstract


Menghadapi persaingan yang ketat, pengusaha retail berlomba untuk menarik berbagai konsumen dengan berbagai strategi pemasaran. Salah satunya adalah dengan mengendalikan situasi pembelian melalui komponen atmospherics stimuli yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komponen atmospherics stimuli yang terdiri dari eksterior, interior, bentuk dan tata ruang, titik pembelian dan dekorasi serta manusia secara simultan dan secara parsial terhadap minat beli konsumen di Istana Buah Blimbing, Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atmospherics stimuli mampu menjelaskan variabel minat beli sebesar 54,1%. Komponen atmospherics stimuli secara serempak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara parsial, variabel yang berpengaruh secara signifikan adalah variabel manusia

Keywords


Atmospherics Stimuli, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Ariffin H.F., Mohamad F. Bibon, R.P.S.R. Abdullah. 2011. Restaurant’s Atmospherics Elements: What the Customer Wants. Journal of Asian Behavioural Studies. Vol.1 No.2 (33-43).

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Edisi revisi. Jakarta: PT. Rinekacipta.

Ashari, Sumeru. 2004. Biologi Reproduksi Tanaman Buah-buahan Komersial. Malang: Bayumedia Publishing.

Barry, Berman, dan Joel Evans. 1982. Marketing. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Donovan, Robert J., dan John R. Rossiter. 1982. Store atmosphere: An Enviromental Psychology Approach. Journal of Retailing. Vol 58, 34-57.

Dwiastuti, R., Asmara, R., & Pramita, P. L. (2010). Pengambilan Keputusan Dalam Pembelian Bunga Sedap Malam (Aspek Sikap Dan Tindakan Konsumen Individu Dan Hotel Di Kabupaten Denpasar, Propinsi Bali). Jurnal Agrise, 10(1), 39.

Engel, James F., Roger D. Blackwell, dan Paul W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Freddy, Rangkuti. 2003. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hawkins, Best, Coney. 2001. Consumen Behavior, Building Marketing Strategy. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo.2002. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Johnson L., Karl J. Mayer, E. Champaner. 2004. Casino Atmospherics from a Customer’s Perspective: A Re-Examination. UNLV Gaming Research & Review Journal. Vol. 8, Issue 2.

Kotler, Philip. 1973. Atmospherics as a Marketing Tool. Journal of Retailing. 4, 48-64.

Kotler, Philip., 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Penerbit Indeks.

Meldarianda, Resti, dan Henky Lisan S. 2010. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol. 17, No.2, 97-108.

Mowen, John C., dan Michael Minor. 2001. Consumer Behaviour. Edisi Kelima. Jilid 1. Terjemahan oleh Salim, Lina: Perilaku Konsumen. 2002. Jakarta: Erlangga.

Notodimedjo, Soewarno. 1995. Budidaya Tanaman Hortikultura Khususnya Tanaman Buah-buahan. Malang: Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Pappas, James. 1995. Ekonomi Manajerial. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara.

Schlooser. 1998. Applying the Functional Theory of Attitudes to Understanding the Influence of Store Atmosphere on Store Inferences. Journal of Consumer Psychology. Vol. 7, No. 4, 345-369.

Simamora. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Turley. 2000. Atmospherics Effects on Shopping Behavior: A Reviewof Tshe Experimental Evidence. Journal of Bussiness Research. Vol. 49, 193-211.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.02.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.