Kinerja Pengurus Gapoktan Sida Makmur dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pengurus Gapoktan di Desa Babadan Banjarnegara

Afif Hendri Putranto, Dyah Ethika Nuhdijati, Teguh Djuharyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan kinerja pengurus gapoktan “Sida Makmur” (2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi kinerja pengurus gapoktan “Sida Makmur”. Penelitian menggunakan metode survei. Penentuan responden secara purposive dengan kriteria responden adalah pengurus gapoktan. Metode pengambilan responden menggunakan sensus sebanyak 14 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan  regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kinerja pengurus gapoktan Sida Makmur dikategorikan baik dilihat dari aspek ekonomi, aspek sosial budaya dan aspek teknis, (2) Tingkat pendidikan formal, pendidikan non formal, masa kerja dan usia secara simultan mempengaruhi kinerja pengurus gapoktan dengan nilai Fhitung 29 > 4,88 Ftabel. Secara parsial faktor yang mempengaruhi kinerja pengurus gapoktan adalah tingkat pendidikan formal dengan nilai thitung 3,3 (positif) > 2,179 ttabel, pendidikan non formal dengan nilai thitung  3,8 (positif) > 2,179 ttabel dan masa kerja dengan nilai thitung 2,3 (positif) > 2,179 ttabel. Kinerja pengurus gapoktan “Sida Makmur” secara umum dikategorikan baik. Gapoktan melalui kinerja pengurus telah memberikan manfaat pada aspek ekonomi, aspek sosial budaya dan aspek teknis terhadap kegiatan usahatani kopi di Desa Babadan Banjarnegara. Tingkat pendidikan formal, pendidikan non formal dan masa kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pengurus gapoktan “Sida Makmur”. Sumber daya manusia pengurus dapat ditingkatkan dengan memberikan perhatian terutama dalam hal latar belakang pendidikan formal, pendidikan non formal dan masa kerja.


Keywords


Pengaruh, Kinerja Pengurus Gapoktan, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Annisa, T. 2015. “Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Riau”. Jurnal FEKON. 2 (1):13.

Cahyono, S, dan Tjokropandono, D, S. 2012. “Peran Kelembagaan Petani dalam Mendukung keberlanjutan Pertanian sebagai Basis Pengembangan Ekonomi Lokal. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. 2 (1):15-23.

Firmansyah, Z. 2015. “Analisis Pengaruh Umur, Pendidikan & Upah Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja”. Jurnal Ekonomi. 4 (1):96

Fitriantoro, A, R. 2009. “Hubungan Antara Usia dan Masa Kerja Dengan Kinerja Dosen (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IMB SPSS 19. Badan Penerbit Undip. Semarang.

Gibson, James L, Ivancevich. M, & James H. D. 1994. Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses. Erlangga. Alih Bahasa.

Hardjanto. I (2012). Manajemen Sumber Daya Aparatur (MSDA). Malang.

Hasibuan & Malaya. 2003. Organisasi dan Motivasi (Dasar Peningkatan Produktivitas). Cetakan Keempat. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Hermanto. 2012. Manajemen Kompensasi. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Inaray et al. 2016. “Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Amanah Finance di Manado”. Jurnal Berkala Ilmiah efisiensi. 16 (2):469.

Ma’ruf, A. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Muhammad, I. 2017. Pengaruh Budaya Kerja dan Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT Bank DKI Capem Syariah Margonda, Depok). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi 9 (2):272.

Pandapotan, E, T. 2013. “Pengaruh Variabel Pendidikan, Upah, Masa Kerja dan Usia Terhadap Peroduktivitas Karyawan (Studi Kasus pada PT Gandum Malang)”. Jurnal Ilmiah. Fakultas Ekonomi. Universitas Brawijaya, Malang

Prihatin, L. 2009. Pengaruh Karakteristik Individu, Gaya Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi (Studi pada Pemerintah Daerah di Provinsi Sumatera Utara). Jurnal Aplikasi Manajemen 3 (2):456.

Ratnasari, M, D & Sunuharyo, B, M. 2018. “Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Mediator Kemampuan Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt Petrokimia Gresik)”. Jurnal Administrasi Bisnis 58 (1).

Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta, Bandung.

Robbins dan P, Stephen. 2001. Perilaku Organisasi. PT Indeks. Jakarta.

Robbins, Stephen P, & Timothy A. J. 2015. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta.

Safe’i, R, Febryano, I, G & Aminah, L, N. 2018. “Pengaruh Keberadaan Gapoktan Terhadap Pendapatan Petani dan Perubahan Tutupan Lahan di Hutan Kemasyarakatan”. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. 20 (2):110.

Sapja, A. 2011. “Kelembagaan Petani Peran dan Strategi Pengembangan Kapasitasnya”. SEPA. 7 (2):102.

Sapja, A. 2009. “Partisipasi Petani dalam Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan Kelompok Tani (Kasus di Provinsi Jawa Tengah)”. Disertasi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta.

Sudiro, A. 2009. Perencanaan Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. UB Press. Malang Indonesia.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sujarweni. V. W. 2004. SPSS untuk Penelitian. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Swasto, B. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. UB Press. Malang.

Syahyuti. 2003. Bedah Konsep Kelembagaan, Strategi Pengemabangan dan penerapannya dalam Penelitian Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Tedjaningsih, T, & Nuryaman. S. H. 2018. “Peran Kelembagaan dalam Pengembangan Agribisnis Mendong”. Jurnal Agribisnis. 4 (2):212.

Tjondronegoro. 1999. Memudarnya Otonomi Desa (hal. 15-25) dalam: Keping-Keping Sosiologi dari Pedesaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdikbud RI. Jakarta.

Wibowo, A, P. 2011. Pengembangan Kelembagaan Lokal. Management Studio and Clinic. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.07

Refbacks

  • There are currently no refbacks.