Persepsi Masyarakat Magersaren terhadap Kelestarian Hutan di UB Forest

Mas Ayu Ambayoen, Alia Fibrianingtyas, Sugeng Riyanto

Abstract


Hutan yang lestari adalah sebuah hutan yang mampu menjalankan fungsi-fungsinya, baik sebagai fungsi konservasi, fungsi lindung dan fungsi produksi. Persepsi yang belum setara antara masyarakat sekitar UB Forest dengan tujuan dan fungsi utama hutan akan menghambat terciptanya sinergi dalam pengelolaan kelestariannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pengelolaan Hutan Penelitian dan Pendidikan di UB Forest; (2) Mengidentifikasi persepsi masyarakat sekitar hutan terhadap fungsi dan manfaat hutan di UB Forest; serta (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan indepth interview kepada key informan dan informan pada masyarakat Magersaren Sumbersari dan Sumberwangi Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman, serta keabsahan data menggunakan triangulasi. Pengelolaan Hutan Penelitian dan Pendidikan di UB Forest diarahkan menjadi hutan lindung dan produksi. Pengelolaan ini didasari sebuah Master Plan UB Forest yang mencakup aspek bio-fisik, sosial-ekonomi-budaya (sosekbud), aspek pendidikan, dan aspek lingkungan. Persepsi masyarakat sekitar hutan terhadap fungsi hutan dan manfaatnya dapat diidentifikasi berdasarkan: persepsi terkait fungsi UB Forest; persepsi terkait komoditas tanaman; serta persepsi terkait sumber air

Keywords


persepsi, magersaren, kelestarian hutan

Full Text:

PDF

References


Kustanti Asihing, dkk. 2015. Master Plan UB Forest. Universitas Brawijaya. Malang

Miles, M. B., Hubberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). California: SAGE Publications.

Narsuka Dwi R, Sujali, dan Setiawan Bakti. 2009. Persepsi dan Peran Serta Masyarakat Lokal Dalam Pengelolaan TNGM. MGI Vol. 23, No.2: 90-108.

Toha Miftah. 2003. Perilaku Organisasi. Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Grafindo Persada.

Umar. 2009. Persepsi dan Perilaku Masyarakat Dalam Pelestarian Fungsi Hutan Sebagai Daerah Resapan Air (Studi Kasus Hutan Penggaron Kabupaten Semarang) [Thesis]. [Semarang (Indonesia)]: Universitas Diponegoro.

Undang-Undang No. 41 tahun 1999 Tentang Kehutanan.

Yin, Robert.K. 2002. Case Study Research: Design and Methods (2rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Walgito Bimo. 1989. Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Bina Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.