Komparasi Persepsi Petani terhadap Eksistensi Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani di Desa Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang

Farah Nadia Fardisi, Kadhung Prayoga, Agus Subhan Prasetyo

Abstract


Persepsi merupakan sebuah proses pemberian arti oleh individu terhadap lingkungannya, dimana setiap individu dapat memberikan arti yang berbeda terhadap lingkungannya meskipun objeknya sama. Persepsi yang berbeda dari setiap individu petani dapat membentuk minat petani untuk aktif tergabung dalam sebuah kelompok, sekaligus pada akhirnya akan mempengaruhi eksistensi dari kelompok itu sendiri. Adanya perbedaan eksistensi pada Poktan dan Gapoktan Desa Bedono dapat disebabkan oleh adanya perbedaan persepsi anggota terhadap keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi petani terhadap eksistensi Poktan dan Gapoktan, serta menganalisis perbedaan persepsi terhadap keduanya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – Maret 2022 di Poktan dan Gapoktan Desa Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Metode non probability sampling (kuota sampling) digunakan dalam penelitian ini dengan total sampel 94 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perhitungan interval skor dan uji paired sample t-test. Metode perhitungan interval skor digunakan untuk menganalisis persepsi petani terhadap eksistensi Poktan dan Gapoktan, sedangkan untuk menganalisis perbedaan persepsi petani terhadap keduanya dilakukan dengan uji paired sample t-test. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari variabel sikap, motif, pengalaman, pengharapan dan eksistensi, persepsi petani terhadap eksistensi Poktan termasuk dalam kategori baik dengan persentase 83,4% dan persepsi petani terhadap eksistensi Gapoktantermasuk dalam kategori Sangat Tidak Baik dengan persentase 35,4%. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi yang signifikan diantara keduanya. Beberapa upaya seperti reorganisasi dan pengadaan kegiatan penguatan kelembagaan perlu dilakukan agar dapat terus menciptakan persepsi yang baik pada diri anggota, karena persepsi merupakan aspek penting untuk mempertahankan eksistensi dari sebuah kelompok.


Keywords


eksistensi; gapoktan; kelembagaan; persepsi; poktan

Full Text:

PDF

References


Ali, J., Delis, A., & Hodijah, S. (2015). Analisis Produksi dan Pendapatan Petani Karet di Kabupaten Bungo. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 2(4), 201–208.

Balqis, N., Aini, Q., Gayatri, S., Agus, D., & Preasetyo, S. (2021). PENGARUH UNSUR MODAL SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN POKDARWIS DI DESA PANDANSARI.

Djelau, I., Panjaitan, P. B., & Susdiyanti, T. (2014). Kelompok Tani Hutan Rakyat Di Desa Durjela Kecamatan Pulau-Pulau Aru. Journal Nusa Sylva, 14(1), 43–54.

Effendy, L. (2020). Model Pengembangan Kelembagaan Petani Menuju Kelembagaan Ekonomi Petani. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 6(1), 38–47.

Ermawati, T., Dalmiyatun, T., & Prayoga, K. (2021). VOLUME 3 ISSUE 1 JULY 2021 PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP KEBERLANJUTAN GAPOKTAN NGUDI RUKUN DI KABUPATEN WONOGIRI.

Falah, H. H., Sudarko, S., & Subekti, S. (2018). Persepsi Petani Cabai Besar dan Pengelola Koperasi Terhadap Kemitraan Agribisnis. Agriekonomika, 7(1), 72.

Fatimah, M., Rijal, M., Noer, S., Arianto, K., Fitriana, N., Usaha, P., Perdesaan, A., & Sugianingsih, S. (2013). Peran Trust dalam Pengelolaan Bantuan Langsung Masyarakat Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan di Kabupaten Kebumen. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 17(2), 50–64.

Gita Mustika, I., & Sulistyowati, L. (2017). Hubungan Tingkat Partisipasi Anggota Dengan Kinerja Gabungan Kelompok Tani. MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 150–168.

Hidayah, N., & Muntiah, N. S. (2019). Persepsi Pelaku Ukm Terhadap Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak Etap). Jurnal Akuntansi Indonesia, 8(1), 39.

Iryana, A. B. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Petani Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Di Kecamatan Compreng Kabupaten Subang. Jurnal Academia Praja, 1(02), 125–140.

Lusiana, Laapo, A., & Howara, D. (2018). Peran Penyuluh Pertanian Dalam Meningkatkan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Di Desa Oloboju Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Jurnal Agrotekbis, 6(1), 40–47.

Mayang, T. M. T., Sumekar, W., & Prayoga, K. (2022). AGROLAND : JURNAL ILMU-ILMU PERTANIAN KERJA ANGGOTA KELOMPOK TANI AGROWISATA GEMAHRIPAH , KABUPATEN SEMARANG. 29(1), 34–49.

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44.

Nuryanti, S., & Swastika, D. K. S. (2016). Peran Kelompok Tani dalam Penerapan Teknologi Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 29(2), 115.

Prasetyo, A., Safitri, R., & Hidayat, K. (2019). Strategi Komunikasi Ketua Dalam Meningkatkan Eksistensi Kelompok (Kasus di Kelompok Tani Sidodadi di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur). HABITAT, 30(1), 26–34.

Prasetyo, A. S., Gayatri, S., & Satmoko, S. (2021). Sikap dan Partisipasi Petani dalam Program Pelatihan Agribisnis Kedelai di Kabupaten Grobogan (Vol. 5, Issue 2).

Prasetyo, A. S., Sumekar, W., Kurniasari, D. A., & Musabikin, A. (2020). Aktivitas dan Tingkat Partisipasi Anggota dalam Usahatani Ternak Sapi Perah di Kelompok Tani Ternak Rejeki Lumintu Gunungpati, Kota Semarang (Vol. 4, Issue 2).

Primadata, A. P., & Biroli, A. (2020). Humaniora Dan Era Disrupsi. Humaniora Dan Era Disrupsi T, 1(1), 352--358.

Putri, I. F., & Hidayat, H. (2013). Analisis Persepsi Modal Sosial (Social Capital) dan Hubungannya Dengan Eksistensi Kelompok Tani (Kasus pada Kelompok Tani Wanita “Sri Sejati 2”, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu). Wacana: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 14(1), 11–17.

Ramdhani, H., Nulhaqim, S. A., & Fedryansyah, M. (2015). Peningkatan Kesejahteraan Petani Dengan Penguatan Kelompok Tani. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 423–429.

Saragih, R. C., & Ramli. (2013). Analisa Pendapatan dan Persepsi Petani Keramba Terhadap Keberadaan PT. Aquafarm Nusantara ( Studi Kasus : Petani Keramba Dikecamatan Girsang Sipangabolon Kabupaten Simalungun. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(5), 39–50.

Susilowati, E., Mujiastuti, R., Ambo, S. N., & Sugiartowo. (2019). J urnal P engabdian M asyarakat T eknik. 1(2), 50–54.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.