Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Sapta Pesona Wisata Air Terjun Sedudo

Teti Sugiarti, Mohammad Ali Fikri

Abstract


Jumlah kunjungan wisatawan objek wisata Air Terjun Sedudo lima tahun terakhir mengalami fluktuasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui serta menganalisis tingkat kepuasan wisatawan terhadap sapta pesona di objek wisata Air Terjun Sedudo di Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Analisis Deskriptif dipergunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan wisatawan kebanyakan berasal dari daerah Nganjuk. Usia wisatawan berkisar antara 15-25 tahun dengan pendidikan terakhir SMA sederajat dan kunjungan dilakukan di akhir pekan pada waktu siang hari. Tingkat kepuasan wisatawan terhadap objek wisata berdasarkan keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan dan kenangan mendapat penilaian sedang dari wisatawan. Tingkat kepuasan wisatawan berdasarkan keindahan dan keramah tamahan mendapat penilaian tinggi. Tingkat kepuasan wisatawan dengan nilai terendah adalah berdasarkan kebersihan. Tingkat kepuasan tentang kebersihan dipengaruhi oleh kesadaran  pengunjung tentang tidak membuang sampah sembarangan atau pada tempatnya sehingga berpengaruh terhadap keadaan lingkungan objek wisata.


Keywords


objek wisata, sapta pesona, tingkat kepuasan, wisatawan

Full Text:

PDF

References


Ariani, N. Made., dan Aryanti. S. N. 2018. Peran Kepuasan dan Niat Berperilaku Wisatawan Pasca Kunjungan Pada Destinasi Pariwisata Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas. Vol. 2 No. 2: 110-119.

Arif, Muhammad A. S. 2017. Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Sumedang Di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, Vol.2 No.2: 191–200.

Buana, D. W. W., dan Sunarta, I. N. 2015. Peranan Sektor Informal Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan di Daya Tarik Wisata Pantai Sanur. Jurnal Destinasi Pariwisata. Vol.3 No.1: 35–44.

Engriani, Y. 2015. Meningkatkan Kunjungan Wisata Dengan Sosialisasi Sapta Pesona Wisata Di Daerah Tujuan Wisata. Jurnal Praktik Bisnis, Vol. 4 No: 171–182.

Evelianti, D., dan Heldayani, E. 2018. Persepsi Pengunjung Terhadap Sapta Pesona Wisata Alam Gasing Water Bay Barca Banyuasin. Jurnal Swarnabhumi, Vol.3 No.2: 124–129.

Hadi, Wisnu. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasaan Pengunjung Wisata Pemancingan Pesona Alam Dusun Sendang Kumitir Kembang Arum Turi Sleman. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol. 7: No.1. 45-54.

Hermawan, H. 2017. Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Media Wisata, Vol.15 No.1: 562–577.

Jayadi, E. K., Mahadewi, N. P. E., dan Mananda, S. 2017. Karakteristik Dan Motivasi Wisatawan Berkunjung Ke Pantai Green Bowl , Ungasan , Kuta Selatan , Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, Vol.17 No.2: 69–77.

Jayanti, N. Putri. 2019. Pengembangan Objek Wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Jurnal Pariwisata. Vol. 6 No. 2: 141-146.

Kalebos, F. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Wisata Kepulauan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Vol.4 No. :489–502.

Mahagangga, K. H. dan G. A. O. 2015. Persepsi Masyarakat terhadap Pengembangan Kawasan Goa Peteng sebagai Daya Tarik Wisata di Desa Jimbaran Kuta Selatan Kabupaten Badung. Jurnal Destinasi Pariwisata, Vol.3 No.1: 24–34.

Marcelina, Shinta D., Febryano, Indra G., A. S. dan S. B. Y. 2018. Persepsi Wisatawan Terhadap Fasilitas Wisata Di Pusat Latihan Gajah Taman Nasional Way Kambas. Jurnal Belantara. Vol.1 No.2:45–53.

Meirina, I., Fitri, D., Pariwisata, J., Pariwisata, F., dan Padang, U. N. (2019). Implementation of “Sapta Pesona” at Arta Indah Beach of Sungai Limau District Padang Pariaman. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, Vol.2 No. : 103–110.

Muljadi. A. J. 2009 Kepariwisataan dan Perjalanan. Penerbit: PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Nugraha, H. P., Indarjo, A., dan Helmi, M. 2013. Studi Kesesuaian Dan Daya Dukung Kawasan Untuk Rekreasi Pantai Di Pantai Panjang Kota Bengkulu. Journal Of Marine Research Vol.2 No. : 130–139.

Pauwah, Y., Kumurur, V. A., Sela, R. L. E., dan Rogi, O. H. A. 2013. Persepsi dan Preferensi Pengunjung Terhadap Kawasan Wisata Pantai Malalayang. Sabua. Vol.5 No.1: 16–27.

Pratiwi, T. Venny dan Yuliawati. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Kinerja dan Tingkat Kepentingan Pengunjung Pada Objek Wisata Agro Hortimart Agro Center Bawen, Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian “AGRIKA”. Vol.13 No.1: 59-71.

Putri, Eka Trisna I. . D. N. M. A. 2011. Penerapan Sadar Wisata Dan Penguatan Citra Wisata Melalui Penanamaan Tanaman Upakara Di Kerambitan Kabupaten Tabanan. Udayana Mengabdi. Vol.10 No.2: 90–94.

Saputri, Y. 2016. Penerapan Program Sapta Pesona Pada Objek Wisata Taman Panorama Bukittinggi. IOSR Journal of Economics and Finance. Vol.3 No.1: 56.

Subianto, T. 2007. Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Ekonomi Modernisasi. Vol.3 No.3: 165–182.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukana, N. K. P. Y. dan I. M. 2014. Ekspektasi Wisatawan Mancanegara Terhadap Kenyamanan Areal Parkir Dikawasan Daya Tarik Wisata Pantai Kuta Kabupaten Badung. Jurnal Destinasi Pariwisata. Vol.2 No.2:115–127.

Suprapto. 2001 . Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Edisi Baru. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suyadi. 2015. Pengaruh Program Sapta Pesona terhadap P eningkatan Pengunjung Obyek Wisata Guci Tegal. Junal Utilitas. Vol.1 No.2:191–197.

Wiratini M, N. N. A., Setiawan, N. D., dan Yuliarmi, N. N. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol.1 No. : 279–308.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.