Analisis Daya Saing Ekspor Jahe Indonesia di Pasar Utama Internasional Periode Tahun 2008-2018
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.01.27Keywords:
strategi, komoditas, RCA, CMSAbstract
Jahe merupakan komoditas andalan ekspor Indonesia. Namun, nilai ekspor jahe pada Tahun 2008-2018 menurun yang disebabkan penurunan produksi dan hambatan ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing ekspor jahe Indonesia dibandingkan dengan negara eksportir jahe lainnya di negara tujuan ekspor. Negara eksportir yang dibandingkan tingkat daya saingnya dengan Indonesia yaitu Thailand dan India. Negara tujuan ekspor dalam penelitian ini adalah Amerika Serikat, Jepang, dan Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Constant Market Share (CMS) sebagai alat ukur daya saing. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat daya saing ekspor jahe Indonesia lebih rendah dibandingkan Thailand dan India baik menggunakan metode RCA maupun CMS. Strategi kunci peningkatan daya saing ekspor jahe Indonesia terletak pada ketersediaan produksi dan jaminan kualitas. Pengembangan dan diseminasi teknologi untuk meningkatkan produktivitas, kualitas, pola kemitraan dan perluasan pangsa pasar merupakan strategi pendukung terwujudnya ekspor jahe Indonesia yang berdaya saing.
References
[BPS] Badan Pusat Statistik. (2013). Statistik Perdagangan Luar Negeri Indonesia Ekspor. Jakarta (ID): BPS RI.
[BPS] Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Perdagangan Luar Negeri Indonesia Ekspor. Jakarta (ID): BPS RI.
[FAO] Food and Agricultural Organization. (2020). Top Exportir and Importir Ginger in the World. http://www.fao.org/faostat/en/#data/TM. Diakses tanggal 20 November 2020.
Aditama, L.G., Yulianto, E., Wilopo. (2015). Pengaruh Produksi dan Nilai Tukar terhadap Volume Ekspor (Studi pada Ekspor jahe Indonesia ke Jepang Periode 1994-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 25 (1): 1-9
Amelia, F. (2009). Analisis Daya Saing Jahe di Pasar Internasional [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Asmara, R., Artdiyasa, N. (2008). Analisis Tingkat Daya Saing Ekspor Komoditi Perkebunan Indonesia. Agrise, 8 (2): 104-111.
Asrol, Heriyanto. (2017). Daya Saing Ekspor Pala Indonesia di Pasar Internasional. Jurnal Dinamika Pertanian, 33 (2): 179-188.
Batista, J. C. (2008). Competition between Brazil and other exporting countries in the US import market: a new extension of constant-market-shares analysis. Applied Economics, 40(1): 2477-2487.
Dabukke, F.B.M., Iqbal, M. (2014). Kebijakan Pembangunan Pertanian Thailand, India, dan Jepang serta Implikasinya bagi Indonesia. Analisis Kebijakan Pertanian, 12 (2): 87-101.
Fagerberg, J., Sollie, G. (2006). The Method Of Constant Market Shares Analysis Reconsidered. Applied Economics, 19(1): 1571-1583.
Fatimah, S.S., Marwanti, S., Supardi, S. (2020). Kinerja Ekspor Udang Indonesia di Amerika Serikat Tahun 2009-2017: A Constant Market Share Model Approach. J. Sosek KP, 15 (1):57-67.
Hermawan, I. (2015). Daya Saing Rempah Indonesia di Pasar ASEAN Periode Pra dan Pasca Krisis Ekonomi Global. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 9(2): 153-178.
Huang, D.T.R.L.W.Y.L. (2014). Study on the Survival of China Agrifood Export Trade Relathionship. China Agricultural Economic Review, 6 (20): 1-10.
Kontan. (2016). Permintaan Tinggi, Produksi Jahe Stagnan. http://industri.kontan.co.id/news/permintaantinggi-produksi-jahe-stagnan. Diakses tanggal 16 November 2020.
Lan, L., Chengyan, Y. (2009). Non-Tarrif Barrires to Trade Caused by SPS Measures and Customs Procedurs with Product Quality Changes. Journal of Agricultural and Resource Economis, 34 (1):196-212.
Lantu, D.C., Triady, M.S., Utami, A.F., Ghazali, A. (2016). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi, 15 (1): 77-93.
Mantau, Z. 2009. Analisis keunggulan komparatif dan kompetitif usahatani jagung dan padi di Kabupaten Bilalang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara [Tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Mohan, S., Rajan, S.S., Unnikrishnan, G. (2013). Marketing of Indian Spices as a Challenge in India. International Journal of Business and Management Invention, 2(2): 26-31.
Nair, G. K. (2017). Ginger exports lose flavour amid competition from Nigeria, China. http://www.thehindubusinessline.com/markets/commodities/ginger-exportslose-flavour-amid-competition-from-nigeria-china/article9650615. ece. Diakses tanggal 19 Oktober 2020
Nugroho, P., Firdaus, M., Asmara, A. (2017). Pengaruh Standar Keamanan Pangan terhadap Ekspor Produk Biofarmaka Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan, 6 (1):41-57.
Nurhayati, E., Hartoyo, S., Mulatsih, S. (2019). Analisis Pengembangan Ekspor Pala, Lawang, dan Kapulaga Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 19 (2): 173-190.
Ongsritrakul, S. & Hubbard, L. (1996). The Export Market For Thai Frozen Shrimps In The European Union. British Food Journal, Vol 98: 24-28.
Pasaribu, S. M., Dermoredjo, S. K. (2015). Kesiapan Daerah di Sektor Industri Berbasis Agro Menghadapi Pasar Tunggal ASEAN 2015.
Permatasari, I.G.A.I., Rustariyuni, S.D. (2015). Analisis Daya Saing Ekspor Biji Kakao Indonesia di Kawasan ASEAN Periode 2003-2012. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, Vol 4 (7): 855-872.
Puspita, C.W., Rachmawati, F., Sumarsono, H. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing Daerah Wilayah Pengembangan Satu Kabupaten Malang. Jurnal Pendidika: Teori, Penelitian, dan Pengambangan, 2 (3): 392-399.
Rori, Y.P.I., Lumingkewas, J.R.D., Tarore, M.L.G. (2019). Analisis Keunggulan Komparatif Usahatani Kopi di Kabupaten Bolaang Mongondow menggunakan Policy Analysis MAtrix (PAM). Agri-Sosio Ekonomi Unsrat, 15 (3): 389-396.
Salim, Z., Ernawati, M. (2017). Info Komoditi Tanaman Obat. Jakarta (ID): Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
Saputri, A.S. (2017). Pedagangan luar negeri tanaman obat. Jakarta (ID): Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan: Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
Sari, D.R., Tety, E. (2017). Export Competitiveness Analysis of Coffee Indonesian in the World Market. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14 (1): 105-114.
Sekakela, K. (2016). The Impact of trading with China on Botswana’s economy. Journal of Chinese Economic and Foreign Trade Studies, 2(9): 2-23.
Simonis, D. (2000). Export performance in Eastern Europe. 40th Congress of the European Regional Science Association 26th Meeting of Regional Studies of the Spanish Association of Regional Science European Monetary Union and regional Policy. Barcelona
Singh, K., Dey, M.M. (2011). International Competitiveness Of Catfish In The U.S. Market: A Constant Market Share Analysis. Aquaculture Economics & Management, 15 (3): 214-229.
Suprihatini, R. (2005). Daya Saing Ekspor Teh Indonesia di Pasar Teh Dunia. Jurnal Agro Ekonomi, 23 (1): 1-29.
Tyres, R., Philips, P., In Lim, D. (1985). ASEAN-Australia Trade in Manufactures: Constant Market Share Analysis, 1970-1979. In Lim, D. (ed.). ASEAN Australia Trade in Manufactures. Longman Chesire, Melrborne. Australia.
Utama, A.N., Haryanti, E., Wanto, H.S. (2020). Analisis Keunggulan Kompetitif Jahe Indonesia di Pasar Internasional. Jurnal Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, 20 (1): 41-53
Vancura, L., Peneva, T., Tominaga, R., Cardenas I. (2014). Opportunities For Nepalese Ginger And Derivative Products In Japan. Laporan untuk SAMARTH-NEPAL. Promar Consulting.
Wang, Z.X., Zheng, H.H., Pei, L.L., in, T. (2017). Decomposition Of The Factors Influencing Export Fluctuation In China’s New Energy Industry Based On A Constant Market Share Model. Energy Policy, 2(109): 22-35.
Widodo, H., Simanjuntak, Y., Siswanti, T.P., Fakhrudin, U., Hasni, Mulyati, S., Rakiman, Mulatsih, S., Asmara, A. (2008). Kajian Pengembangan Pasar Ekspor Produk Makanan Olahan.Pusat Penelitian dan Pengembangan Perdagangan Luar Negeri. Jakarta (ID): Departemen Perdagangan.
World Integrated Trade Solution (WITS). (2016). http://wits.worldbank.org/. Diunduh tanggal 13 Agustus 2016
Yuan, L., Beghin, J. C. (2012). A MetaAnalysis of Estimates of the Impact of Technical Barriers to Trade. Journal of Policy Modeling, 34 (4):497–511.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License