Kepuasan Pengunjung terhadap Pelayanan di Kusuma Agrowisata Kota Batu
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.10Keywords:
agrowisata, pelayanan, kepuasanAbstract
Kota Batu merupakan salah satu kota yang memiliki potensi besar dalam pengembangan agrowisata. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Kota Batu adalah PT. Kusuma Agrowisata, merupakan jenis wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai obyek wisata dan memadukan antara kegiatan pertanian dan kegiatan wisata. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif kualitatif, yang diperoleh disederhanakan dalam bentuk tabulasi, kemudian diolah secara komputerisasi dengan menggunakan SPSS (Statistical Program For Social Science).lalu dianalisis dengan CSI dan dideskripsikan dengan diagram Kartesius. Hasil analisis yang menunjukkan bahwa sebanyak 52,0% pengunjung menganggap sangat puas dengan tempat wisata yang sangat mudah dijangkau, sebanyak 58,0% yang memberi penilaian harga wisata itu puas, sebanyak 42,0% pengunjung memberi penilaian produk wisata cukup baik, sebanyak 38,0% memberi penilaian promosi yang dilakukan oleh pihak pengelola cukup puas di PT.Kusuma Agrowisata cukup puas. Dari hasil tersebut didapatkan nilai rata-rata sebesar 3,88 yang menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjung memilih cukup puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh pihak pengelola.
References
Aditya Saputra, 2016. Pengaruh Proses dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan MNC Play Media.Universitas Airlangga Jurnal Manajemen Vol. 12 No. 2
Badan pustaka Statistik 2019 https://batukota.bps.go.id/statictable/2019/01/08/366/jumlah-kunjungan-wisatawan-menurut-tempat-wisata-dan-wisata-oleh-oleh-di-kota-batu-2019.html Diakses 18 Januari 2020.
Christoper, L dan Wirtz,J. 2011. Service Marketing. New Jersey USA:Pearson.
Dita Putri Anggraeni . 2016. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon Di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis,Vol 37 No. 1.
Dini Mulyani, 2016. Pengaruh People Terhadap Kepuasan Pelanggan ISP MNCPlay Media Di Kota Bandung. Unikom, UnikomScholar Directory Vol.14 No. 77
Euis Heryati. 2015. Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere, Private Brand terhadapKepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hypermart Puri Jakarta.Jurnal Komunikologi. Vol. 12, No. 1.
Engle, B, dan Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara
Fitriana, Nina. 2018. “ Pengaruh Jumlah Obyek Wisata, Jumlah Wisatawan, Tingkat Hunian Hotel dan PDRB perkapita terhadap penerimaan sektor pariwisata kota Palembangâ€. Jurnal Ilmiah Ekonomika. Vol. 11, No. 23
Hadi, F. S 2018. Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Tingkat Pelayanan Di Agtowisata Outbound Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim. Skripsi. Program Studi Agribisnis Universitas Tribhuana Tunggadewi Malang.
Irawan,Handi. 2009. 10 prinsip kepuasan Pelanggan. Jakarta:PT.Elex Media komputindo
https://issuu.com/odeliaclarisa/docs/company profil kusuma agrowisata Diakses 29 April 2020
Kotler, P. dan K.L, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 1. Jakarta. Erlangga
Kotler, P. dan K.L, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 dan 2. PT. Mancanan Jaya Cemerlang.
Koswara, I.H. 2005. Karakteristik dan Potensi Wisata Agro Jawa Barat. Makalah disajikan dalam Forum Koordinasi Pengembangan Wisata Agro Jawa Barat tanggal 7 Desember 2005. Bandung.
Lorraine W.Th .sondok. 2017. Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Kualitas Pelayanan Daerah Wisata Puncak Temboan Tomohon. Vol 13. No 1.
Zelmiati,. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Objek Wisata Minang Fantasi Kota Padang Panjang.
Tjiptono, Fandy..2012. Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Muza, K. 2015. Pengembangan Agrowisata Dengan Pendekatan Community Based Tourism “
Yashinta Asteria. 2016. Analisis Pengaruh Kepuasan pelanggan terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan untuk meningkatkan Minat Beli ulang (studi Kasus Online Store Lazada.co.id). Dipenogoro Journal of Management Vol 5 No.3
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License