Analisis Kepuasan Konsumen Sayur dalam Sistem Pembelian Online di CV. Kira Ermina Tulungagung

Siti Mua Fika Rohmah, Istis Baroh, Bambang Yudi Ariyadi

Abstract


Hortikultura terutama sayuran merupakan hasil pertanian yang mudah rusak apabila setelah dipanen tidak ditangani dengan baik. Saat ini pemasaran hasil pertanian dapat dilakukan dengan penjualan secara online, dimana perusahaan harus memahami kebutuhan dan keinginan konsumen untuk mencapai kepuasan konsumen. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen antara lain  produk, harga, dan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui karakteristik konsumen sayur dalam sistem pembelian online; (2) Mengetahui pengaruh produk, harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sayur dalam sistem pembelian online di CV. Kira Ermina. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebesar 75 responden. Pengukuran variabel menggunakan skala likert, serta teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model dengan bantuan software warpPLS 6.0.  Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah variabel produk, harga, dan kualitas pelayanan dengan R² sebesar 0.779.


Keywords


Sayuran, Pembelian Online, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Allfarisi, moh yusa. (2018). Analisis tingkat kepuasan konsumen kecipir.com. Institut Pertanian Bogor Bogor.

Almsalam, S. (2014). The Effects of Customer Expectation and Perceived Service Quality on Customer Satisfaction Samaan. International Journal of Business and Management Invention, 3(8), 79–84.

Aryal, K. P., Chaudhary, P., Pandit, S., & Sharma, G. (2009). Consumers’ Willingness to Pay for Organic Products: A Case From Kathmandu Valley. Journal of Agriculture and Environment, 10, 15–26. https://doi.org/10.3126/aej.v10i0.2126

Astuti, S. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Pedagang ( Studi pada Pasar Induk Sayuran dan Buah-Buahan Medan Tuntungan ). Universitas Sumatera Utara.

Chrysanthini, B., Sumarwan, U., &Rifin, A. (2018). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Sayuran Organik (Studi Kasus Konsumen UD Fabela-Myfarm) Di Bogor Jawa Barat. Manajemen Ikm: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 151. Https://Doi.Org/10.29244/Mikm.12.2.151-160

Farida. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Produk Pangan Organik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 295–306.

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 31–40.

Ginting, D. B. (2009). Structural Equation Model ( SEM ). Media Informatika, 8(3), 121–134.

Harimurti, A. C., Sadeli, A. H., Utami, H. N., & Mukti, G. W. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Atribut Produk Sayuran Melalui Pemasaran Online Dalam Upaya Meraih Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Pasar Kecil Bandung). Jurnal Agrosains Dan Teknologi, 1, 47–63.

Hidayat, C. (2014). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Jasa Sewa Mobil Mm’s Trans Bandung).

Jusuf, D. I. (2018). Perilaku Konsumen Di Masa Bisnis Online. (A. Pramesta, Ed.), Marketing Online(1st Ed.). Yogyakarta: Penebit ANDI (Anggota IKAPI).

Kotler P., Kartajaya H.,Setiawan I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Moser, R., Raffaelli, R., & Thilmany-McFadden, D. (2011). Consumer preferences for fruit and vegetables with credence-based attributes: A review. International Food and Agribusiness Management Review, 14(2), 121–142. https://doi.org/10.22004/ag.econ.103990

Sakoikoi, J., & Priyanto, S. H. (2019). Determinan kepuasan belanja konsumen sayur online. JURNAL SOSIAL EKONOMI PERTANIAN, 13(2), 170–186.

Schifferstein, H. N. J., Wehrle, T., & Carbon, C. C. (2019). Consumer expectations for vegetables with typical and atypical colors: The case of carrots. Food Quality and Preference, 72(October 2018), 98–108.

See, S. Z. J., & ShaheenMansori. (2012). Young Female Motivations for Purchase of Organic Food in Malaysia. International Journal of Contemporary Business Studies, 3(5), 61–72. https://doi.org/10.1056/NEJM197302222880814

Setyawan, N. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Kembali Aplikasi Mobile Berbasis Informasi: Studi Kasus Aplikasi Abc Pada Pt. Xyz. Universitas Indonesia.

Susanti, D. A. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Pelayanan, Dan Kualitas Produk Online Terhadap Kepuasan Konsumen Online Secara Syariah. Analytica Islamica, 5, 368–393.

Tjiptono, Fandy & Chandra Gregorius. 2005. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2 No. 1(April).

Wee, C., Ariff, M., Zakuan, N., Tajudin, M., Ismail, K., & Ishak, N. (2014). Consumers perception, purchase intention and actual purchase behavior of organic food products. Review of Integrative Business and Economics Research, 3(2), 378.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.