Analisis Nilai Tambah Kelapa Jelly pada UD. Kelapa Jelly di Kecamatan Meurebo Kabupaten Aceh Barat

Aida Widyati, Keumala Fadhiela ND

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar nilai tambah dari masing-masing skala produksi usaha pengolahan kelapa menjadi kelapa jelly pada UD. Kelapa Jelly Di Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Adapun yang teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara langsung dengan menggunakan bantuan kuisioner sedangkan metode analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis nilai tambah hayami (1987), biaya, keuntungan, penerimaan, R/C ratio dan BEP. Data hasil penelitian ini kemudian di analisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada UD. Kelapa Jelly maka dapat diperoleh hasil bahwa mengolah buah kelapa menjadi kelapa jelly menyebabkan adanya nilai tambah yaitu harganya relatif tinggi dan stabil dibanding saat buah kelapa masih belum diolah. Nilai tambah yang diperoleh dari usaha pengolahan kelapa menjadi kelapa  jelly untuk kelapa jelly batok yaitu sebesar Rp. 6.461,43,- dengan rasio nilai tambah sebesar 53,84%, keuntungan sebesar Rp. 1.961,- dengan tingkat keuntungan sebesar 30,35%, dan untuk kelapa jelly cup memperoleh nilai tambah sebesar Rp. 5.115,43,- dengan rasio nilai tambah sebesar 48,07%, keuntungan sebesar Rp. 615,43,- dengan tingkat keuntungan sebesar 12,03%. Dengan demikian dari kedua skala produk kelapa jelly nilai tambah kelapa jelly batok lebih tinggi dibandingkan dengan nilai tambah pada produk kelapa jelly cup, baik itu dari segi nilai tambah dan juga dari segi presentase keuntungan.


Keywords


Keuntungan, Nilai Tambah, Hayami

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika Kabupaten Aceh Barat. 2020. Kabupaten Aceh Barat dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistika Kabupaten Aceh Barat.

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Hayami, Y. et al 1987. Agricultural Marketing and Processing in Upland Java. Aperspective From a sunda Village. Bogor: Coarse Grains Pulses Roots and Tuber Centre (GGPRTC).

Noor, Hendri Faisal. 2007. Ekonomi manajerial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahman. 2011. Dampak Program Pengembangan Dan Penolahan Kelapa Terpadu Terhadap Produktivitas Dan Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Di Kecamatan Jati Negara Kabupaten Tegal. [Skripsi]. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Soekartawi 1999. Agribsinis Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soekartawi. 1995. Analisis Pendapatan. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2007. Akuntansi Manajemen. Semarang: UNNES Press.

Wati, Lilik I. 2018. Analisis Pendapatan Dan Nilai Tambah Kopra Sebagai Produk Olahan Kelapa Di Desa Bila Kecamatan Amali Kabupaten Bone. [Skripsi]. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Witjaksono, Armanto. 2006. Akutansi Biaya. Yogyakarta: Candi Gebang Permai Blok R/6.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.