Pengambilan Keputusan Berlangganan Terhadap Jasa Angkut Sampah Di Desa Waru Barat (Studi Kasus Pelanggan TPS3R Bumdes Dasa Warsa)

Rizky Dwi Anggraini, Taufik Rizal Dwi Adi Nugroho, Amanatuz Zuhriyah, Dian E Wijayanti

Abstract


TPS3R merupakan usaha pengelolaan sampah yang berlokasi di Desa Waru Barat, Pamekasan. Keinginan untuk tumbuh dan memaksimalkan keuntungan menuntut TPS3R untuk memahami karakteristik dan perilaku pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pelanggan dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen melalui variabel pelayanan terhadap keputusan berlangganan TPS3R. Lokasi penelitian ditentukan secara purposif, teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan 63 responden. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, serta uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pelanggan mayoritas berjenis kelamin perempuan, berusia 31-37 tahun, berwiraswasta dan rata-rata berpendidikan SMA. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan berlangganan. Sebaliknya, variabel harga tidak mempengaruhi keputusan berlangganan. TPS3R sebaiknya lebih memperhatikan karakteristik pelanggan dan variabel yang berpengaruh sebagai acuan strategi pemasaran kedepannya.

Keywords


Chi Square, Perilaku Konsumen, TPS3R

Full Text:

PDF

References


Adabi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Di Witel Telkom Depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39.

Afriandi, M. N., Harahap, R., & Sarifah, J. (2020). Optimalisasi Pengelolaan Sampah Berdasarkan Timbulandan Karakteristik Sampah Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor Kota Medan. Buletin Utama Teknik, 15(3), 287–293.

Arsi, A., & Herianto. (2019). Langkah -Langkah Uji Validitas Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss. 1(1), 1–8.

Darwin, M., Mamondol, M. R., Sormin, S. A., Nurhayati, Y., Tambunan, H., & Sylvia, D. (2020). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Cv. Media Sains Indonesia.

Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumenjasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1( 1), 299–318.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas Dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Semnaskep, 1(1), 73–79.

Fakhrudin, A., Yudianto, K., She Melly, Y. A., & Transportasi, M. (2021). Word Of Mouth Marketing Berpengaruh Terhadap Keputusan Kuliah. Forum Ekonomi, 23(4), 648–657.

Faridawati, D. (2021). Pengetahuan Masyarakat Tentang Dampak Pembakaran Terhadap Lingkungan Kabupaten Jember Public Knowledge About The Burning Effect On The Enviroment Of Jember District. 1 (2), 50-55.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., & Hasan, M. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principle Of Marketing (17e). London: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (12th). Jakarta: PT. Indeks.

Lee, C., Nagpal, P., Ruane, S. G., & Lim, H. S. (2018). Factors Affecting Online Streaming Subscriptions. Communications Of The IIma, 16(1), 2.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Historis, 6(1), 33–39.

Lubis, N., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Jasa Pengiriman. Management And Business Review, 5(1), 29–39.

Mardiana, S., Berthanila, R., Marthalena, & Rasyid, M. R. (2019). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Pengelolaan Pembuangan Dan Pemilahan Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Kaligandu Kota Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–88.

Maria Donata Oratmangun, Dan P. G. A. (2021). Analisis Hubungan Karakteristik Masyarakat Dan Bentuk Partisipasipengelolaan Sampah Di Kelurahan Maro, Distrik Merauke. Jurnal Teknik ITS. 9(2), C139-C146.

Mayangsari, & Aminah, S. (2022). Pengaruh Penilaian Produk, Promosi Dan Layanan Cod (Bayar Di Tempat) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Sidoarjo. Ekonomis: Journal Of Economics And Business, 6(2), 498–505.

Mcleod, Saul. A. (2019). Likert Scale. Simply Psychology.

Mulyati, S., & Jaya, U. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Hp Iphone. Winter Journal, 1 (1), 22–30.

Muttaqin, M. Z. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Gojek Di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1 (1), 1–11.

Negara, I. C., & Prabowo, A. (2018). Penggunaan Uji Chi–Square Untuk Mengetahui Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Umur Terhadap Pengetahuan Penasun Mengenai Hiv–Aids Di Provinsi Dki Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Terapannya, 1–8.

Noviany, I. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Berlangganan Mola Tv (Studi Kasus Pada Penggemar Liga Inggris Di Jakarta). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Nurtjahjani, F., Rachmi, A., & Masreviatuti. (2017). Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telkom Speedy Di PT Telekomunikasi Indonesia Cabang Malang. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 107–114.

Rahmawati, S., Pradekso, T., & Setyabudi, D. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Subscription Video On-Demand (Svod) Netflix. E-Jurnal Undip : Interaksi Online, 1 (1), 1–21.

Reppi, L. V. Y., Moniharapon, S., & Loindong, S. S. R. (2021). The Influences Of Promotion Mix And Service Quality On Grabfood Purchasing Decision (Study Of Grabfood Service Users In The City Of Manado During The Covid-19 Pandemic). Jurnal Emba, 9(3), 1482–1490.

Rofatul Iliah, L., Aswad, M., Ekonomi Syariah, J., Ekonomi Dan Bisnis Islam, F., & Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, U. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Secara Online Pada Masyarakat Kabupaten Kediri. Jurnal Cendekia Ilmiah, 1 (3).

Rosmiyati, Siti, Sudirman, Acai, Haerany, A., & Arifudin, O. (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada.

Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P., & Ario, F. (2018). Consumen Behavior In Era Millenial (1st Ed.). Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Sihaloho, L. H. (2017). Hubungan Iklim Sekolah Dan Kematangan Emosional Dengan Self Regulated Learning Pada Siswa Sma N 1 Stabat. Universitas Medan Area.

Sitio, V. S. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman PT. Tiki. Jurnal Ilmiah M-Progress, 9(1), 21-31.

Sofyan, M., Junaidi, A., & Rahmawati, N. F. (2022). Analisis Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Ekspedisi PT. Kadiri Logistik Cargo. Senmabis : Conference Series, 1 (1), 83–95.

Stiawan, A., Cicik Harini, D., Budi, L. H., Jurusan Manajemen, M., & Pandanaran Semarang, U. (N.D.). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Berlangganan Netflix Kota Semarang. 8(2), 1-10.

Sudarsono, A. T., & Rum, Mokh. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Pada Kedai Sehari Sekopi Sidoarjo. Agriscience, 2(2), 408-427.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Susilawati, S., & Damayanti, N. A. (2020). Karakteristik Pasien Dengan Keputusan Pembelian Jasa Layanan Kesehatan Gigi Dan Mulut. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 83–91.

Susman, L. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Pasar Tradisional Studi Pasar Bandar Sari Kecamatan Padang Ratu. 1-100.

Titop, H., Zainuddin, M. Z., Suharlian, & Suhardoyo. (2022). Analisis Konsumen Dalam Melakukan Keputusan Penggunaan Jasa Indihome Di Kota Kendari. Sultra Journalof Economic And Business, 3(1), 33–45.

Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota Solo. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, 8(1), 70–78.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.02.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.