Karakteristik Brand Equity Yourgood Smoothies Bar di Mata Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.04.5Keywords:
Ekuitas Merek, Uji Cochran, IPAAbstract
Kesadaran masyakat akan gaya hidup sehat memunculkan peluang bisnis. Salah satunya dengan membuat kafe bertema healthy food. Penting bagi suatu merek untuk mengetahui kondisi mereknya di mata konsumen. Hal tersebut dapat diketahui menggunakan brand equity. Ekuitas merek (brand equity) terdiri dari kesadaran merek, loyalitas merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan perilaku pasar. Penelitian dilaksanakan terhadap merek Yourgood pada bulan Mei-Juli 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 113 responden dan dilakukan melalui kuesioner online, Google Form. Analisis data menggunakan beberapa metode, seperti kesadaran merek dan loyalitas merek menggunakan analisis deskripstif, asosiasi merek menggunakan uji Cochran, dan persepsi kualitas menggunakan Importance-Perfomance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran akan merek sudah kuat, loyalitas konsumen terhadap merek belum kuat, dan didapatkan kelebihan maupun kekurangan dari kualitas merek tersebut.
References
Aaker, D. A. (1997). Ekuitas Merek (Indonesia). Mitra Utama.
Astuti, S. W., & Cahyadi, I. G. (2007). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Majalah Ekonomi, 2, 145–146.
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka.
Kartajaya, H. (2010). Brand Operation The Official MIM Academy Course Book. Esensi Erlangga Group.
Kementerian Kesehatan. (2017). Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). http://promkes.kemkes.go.id/germas
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV. Alfabeta.
Wirawan, A., & Yunita, V. (2017). Analisis Kepuasan Pelayanan Pasien Pada Instalasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah Batam dengan Pendekatan Lean Service dan Service Perfomance. Journal of Applied Business Administration, 1 (2), 194–208.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License