Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran dalam Sustainable Marketing terhadap Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian Konsumen Sayurbox

Dwi Laila Maulida

Abstract


Perusahaan dihadapkan dengan masalah lingkungan, sosial, teknologi, dan tren pasar yang kompleks dan unik. Sehingga perusahaan harus mampu memenuhi harapan konsumen terhadap prinsip keberlanjutan suatu perusahaan. Akan tetapi, strategi keberlanjutan yang diterapkan seringkali tidak dirasakan oleh konsumen sehingga masih terdapat ulasan negatif tentang prinsip yang telah diterapkan oleh perusahaan. Salah satu perusahaan yang menerapkan strategi tersebut adalah Sayurbox. Sayurbox merupakan platform penjualan sayur dan buah organik secara online dengan mengedepankan prinsip keberlanjutan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sustainable marketing terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen Sayurbox. Responden yang digunakan merupakan 60 konsumen Sayurbox yang pernah membeli minimal dua kali dan tinggal di Jakarta, Surabaya, dan Bali. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form. Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel customer solution, convenience, communication, dan co relation terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen. Sedangkan variabel customer cost tidak berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian.


Keywords


ekuitas merek; keputusan pembelian konsumen; sustainable marketing.

Full Text:

PDF

References


Chadwick dan Piartrini. (2018). Product Quality, Convenience and Brand Loyalty: A Case Study of SilverQueen’s Adolescent Consumers. Advances in Economics. Business and Management Research, 72, 111-115.

El Zein, S., Segura, C., dan Garcia, R. (2020). The Role of Sustainability in Brand Equity Value in the Financial Sector. Sustainability, 12, 1-19.

Gan, C., Wee, Han Yen, Ozanne, L, dan Kao, TzuHui. (2008). Consumers’ purchasing behavior towards green products in New Zealand. Innovative Marketing, 4(1), 72-84.

Graziela Heck dan Xiao Yidan. (2013). The Effects of Sustainable Marketing on Brand Equity and Consumer Behavior - A Case Study of Cia. Hering. Business Administration and International Marketing Journal 15 Credits.

Hair Jr, J. F., Black, W. C., R.L Tatham, & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis with Reading. New York: Macmillan Pub Company.

Luh Made Pradnyani Rahayu, Yusri Abdillah, dan M. Kholid Mawardi. 2017. Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop Di Indonesia Dan Di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1), 121-131.

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. In Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.