Pengukuran Peformansi Pemasok pada Rantai Pasok Sayur Organik Menggunakan Pendekatan SOCR (Schedule Order To Customer Request) (Studi Kasus: CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang)

Authors

  • Zubdatul Asror Universitas Muhammadiyah Malang
  • Anas Tain
  • Nur Ocvanny Amir

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.01.22

Keywords:

Performansi, Rantai Pasok, Sayur Organik, SOCR

Abstract

CV. Kurnia Kitri Ayu Farm mengalami permasalahan memenuhi target permintaan konsumen, dihadapkan pada situasi dimana jumlah produk sayur dengan jumlah permintaan sayur yang dijual terkadang tidak seimbang. Tujuan dari penelitian 1) Mengetahui aliran rantai pasok sayur organik di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. 2) Menganalisis tingkat performansi pemasok sayur organik (Kelompok Wanita Tani (KWT) dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm). Prosedur pengambilan sempel dengan metode “snowball samplingâ€. Analisis tingkat performansi menggunakan pendekatan analisis Delivery performance dengan perhitungan metode Scheduled Order to Costumer Request (SOCR). Hasil penelitian menunjukan (1) Aliran rantai pasok sayur organik terdiri dari aliran barang, aliran uang dan aliran informasi termasuk dalam kondisi yang berkategori baik (2) Performansi KWT berdasarkan nilai rata-rata SOCR sebesar 79,48%, nilai SOCR adalah KWT Anggrek (Desa Pagelaran) (89,53%) dan terendah adalah KWT Melati Wangi (Desa Celumprit) (66,63%), sedangkan nilai SOCR CV. Kurnia Kitri Ayu Farm sebagai pemasok yaitu 96,73% dengan kategori sangat baik. 

Author Biography

  • Zubdatul Asror, Universitas Muhammadiyah Malang
    Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian-Peternakan

References

Agustina, I. (2015). Rancangan Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Barang Passthrough Di Pt. Indonesia Nippon Seiki Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard. MIX, VI(2), 219–233.

Amir, N. O., Syafrial, & Koestiono, D. (2014). Analisis Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management) Komoditas Pisang Mas Kirana (Kasus Pada Asosiasi Petani Pisang Mas Sridonoretno, Kec. Dampit, Kab. Malang). Habitat, XXV(1).

Devi, S. R. M. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen. AGRIC, 27(1), 60–67.

Diana, I. D., & et al. (2016). Analisis Rantai Pasok Sosis Food Industries dari Produsen sampai Konsumen Di Kota Bandung (Studi Kasus PT. Kemfood Cabang Kota Bandung).

Muljaningsih, S. (2011). Preferensi Konsumen dan Produsen Produk Organik di Indonesia. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 14(4), 1–5.

Naftalin, R. (2015). Analisis Manajemen Rantai Pasok Sayur Organik Brokoli (Brassica oleracea L) pada Perusahaan Penyedia Sayuran Organik Kota Batu. Universitas Brawijaya. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/130567/

Poerwanto, R., & Susila, A. D. (2014). Teknologi Hortikultura (1st ed.). Bogor: IPB Press.

Robbin, & Judge. (2015). Perilaku Organisasi (16th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Suparno. (2004). Model dan Pengukuran Kinerja Supply Chain. Journal Optima, 1(1).

Wibowo. (2015). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2022-01-16

Issue

Section

Articles