Faktor-Faktor yang Berperan terhadap Tingkat Partisipasi Petani dalam Budidaya Tanaman Organik di Kecamatan Junrejo Kota Batu

Riska Putri Wahyuni, Rahmad Pulung Sudibyo, Nur Ocvanny Amir

Abstract


Sektor pertanian memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang bertani dan menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Saat ini petani banyak yang tergabung dalam kelompok tani. Komunikasi sangat penting dalam organisasi. Komunikasi yang efektif akan menimbulkan keterbukaan antar anggota dan juga penyuluh dengan petani untuk menghadapi situasi yang sulit. Keterbukaan akan memunculkan partisipasi petani dalam kegiatanTujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis faktor-faktor yang berperan terhadap tingkat partisipasi petani dalam budidaya tanaman organik di Kecamatan Junrejo Kota Batu; (2) mengetahui tingkat partisipasi petani dalam budidaya tanaman organik di Kecamatan Junrejo Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive dengan pertimbangan petani di Kecamatan Junrejo aktif melakukan pertemuan rutin dengan petugas penyuluh pertanian setiap bulannya. Penentuan responden menggunakan metode sensus sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuisioner dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Pengukuran variabel menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang berperan terhadap partisipasi petani organik yaitu pengetahuan petani, sarana dan prasarana, serta pihak yang mendukung. Tingkat partisipasi petani organik pada setiap kegiatan termasuk kategori sedang dengan rentang nilai 60,5% - 86,8%.


Keywords


Budidaya Tanaman Organik; Partisipasi

Full Text:

PDF

References


Cepriadi, & Yulida, R. (2012). Persepsi Petani Terhadap Usahatani Lahan Pekarangan (Studi Kasus Usahatani Lahan Pekarangan Di Kecamatan Kerinci Kabupaten Pelalawan). Indonesian Journal of Agricultural Economics (IJAE), 3, 177–194.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Isyaturriyadhah, Is, A., & Yudiawati, E. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Anggota Gabungan Kelompok Tani Tanjung Sehati Dalam Kegiatan Kelompok di Kabupaten Merangin. Tesis. Univeristas Muara Bungo.

Kementan. (2020). Statistik Ketenagakerjaan Sektor Pertanian (Februari 2020). Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal.

Marphy, T. M., & Priminingtyas, D. N. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Partisipasi Petani Dalam Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Desa Watugede , Kecamatan Singosari , Kabupaten Malang. HABITAT, 30(2), 62–70.

Mona, M., Kekenusa, J., & Prang, J. (2015). Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa. Studi Kasus: Petani Kelapa Di Desa Beo, Kecamatan Beo Kabupaten Talaud. D’CARTESIAN, 4(2), 196.

Mulyaningsih, A., Hubeis, A. V. S., & Sadono, D. (2018). Partisipasi petani pada usahatani padi, jagung, dan kedelai perspektif gender. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 145–158.

Notoadmojo, S. 2 010. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Buaya Ilmu Populer.

Organic Institute, Yayasan Alifa, & Kombas.id. (2020). Statistik Pertanian Organik Indonesia 2019. Bogor: Aliansi Organisasi Indonesia.

Purnamasari, P., Suyitno, W., & Herlawati. (2015). Metode Regresi Linier Berganda Kualitas Super Member Supermall Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Pada Supermall Karawang. Journal ICT, 2(2), 101–116.

Putra, A. P. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Persepsi Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Daya Tarik Wisata Air Terjun Selendang Arum, Songgon - Banyuwangi. JUMPA, 05, 171–192.

Putriani, R., Tenriawaru, A., & Amrullah, A. (2018). Pengaruh Faktor –




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.