Indrajitu Slot Indrajitu Slot Gacor https://rs.unpad.ac.id/ slot online Indrajitu Slot https://resep2.fk.ulm.ac.id/ https://sim-epk.fk.ulm.ac.id/ https://skillslab.fk.ulm.ac.id/ https://upm.fk.ulm.ac.id/
Pengaruh E-WOM pada Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran di Bos Sayur Malang yang Dimediasi oleh Kepercayaan Konsumen | Sibarani | Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis

Pengaruh E-WOM pada Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran di Bos Sayur Malang yang Dimediasi oleh Kepercayaan Konsumen

Sionly Octa Frisca Sibarani, Mas Ayu Ambayoen, Hendro Prasetyo

Abstract


Persaingan bisnis produk secara online mendukung pelaku usaha untuk melakukan strategi dalam memikat minat konsumen dengan menerapkan electronic word of mouth (e-WOM) dengan melihat dari persepsi dan interaksi dari pengguna instagram terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel intensitas penggunaan media sosial, pendapat konsumen, konten instagram terhadap keputusan pembelian produk sayuran melalui kepercayaan konsumen produk sayuran di Bos Sayur Malang. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 98 responden dengan kriteria mengikuti (follow) akun instagram  bossayur.id dan pernah melakukan pembelian produk sayuran di akun instagram  bossayur.id minimal 1 kali pembelian. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner online berupa google form dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan alat SEM PLS dan menggunakan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan variabel e-WOM yang terdiri dari intensitas penggunaan media sosial, pendapat konsumen, dan konten instagram berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen.

Keywords


: e-WOM, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Anandita, F. B. A., & Saputra, S. D. (2015). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi akan Risiko terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(02), 203–210.

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2020). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing. CV. Cendekia Press.

Dhiza, A., Zulkarnain, & Widiyatsari, A. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Melalui Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Kafe di Kota Pekanbaru. Jurnal Economica, 8(1), 15–31.

Goyette, I., Ricard, L., & Bergeron, J. (2010). e-WOM Scale : Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context *. 23, 5–23.

Hair, J. F., M, G. T., M, C., & Sarstedt, M. (2014). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). In Long Range Planning (Vol. 46, Issues 1–2). SAGE Publications.

Hamdani, M. Y., & Mawardi, M. K. (2018). Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian. Jurna Administrasi Bisnis, 60(1), 163–171.

Jefryansyah, & Muhajirin. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Barang Secara Online. Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 85–94.

Kirana, C. D., & Junaedi, M. S. (2016). Pengaruh Kualitas Website, EWOM, Perveived Benefits, dan Kepercayaan terhadap Sikap pada Belanja Online di Lazada. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 1–17.

Prasetya, C. H. A., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kercayaan serta Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli Sepeda Motor Honda Vario pada PT Sumber Purnama Sakti di Kabupaten Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(2), 1–6.

Prayustika, P. A. (2016). Kajian Literatur: Manakah yang Lebih Efektif? Traditional Word of Mouth atau Electronic Word of Mouth. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 6(3), 168–173.

Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207–216.

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. UB Press.

Syafaruddin, Suharyono, & Kumadji, S. (2016). Pengaruh Komunikasi Electronic Word of Mouth terhadap Kepercayaan (Trust) dan Niat Beli (Purchase Intention) serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Online Shopping Zafertech.Com). Bisnis Dan Manajemen, 3, 65–72.

Yan, Q., Wu, S., Wang, L., Wu, P., Chen, H., & Wei, G. (2016). E-WOM From E-Commerce Websites and Social Media: Which Will Consumers Adopt? Electronic Commerce Research and Applications, 17(October 2017), 62–73.

Yoon, S. J. (2012). A social network approach to the influences of shopping experiences on e-wom. Journal of Electronic Commerce Research, 13(3), 213–223.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.