Analisis Preferensi Konsumen dan Strategi Pengembangan Atribut Produk Beras di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid 19

Liana Fatma Leslie Pratiwi, Ali Hasyim Al Rosyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, menganalisis preferensi konsumen dan menganalisis strategi pengembangan atribut produk beras pada masa pandemi covid 19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analitis. Pengambilan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling dengan memilih Daerah Istimewa Yogyakarta karena merupakan daerah  sentra pertanian dan kota dengan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi setiap tahunnya. Responden penelitian ini sebanyak 60 orang diambil dengan teknik voluntary sampling serta penentuan responden dalam penelitian ini ditentukan secara quota sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui karakteristik konsumen yaitu analisis deskriptif, menganalisis preferensi konsumen yaitu multiatribut fishbein, dan  menganalisis strategi pengembangan atribut produk menggunakan matriks Important Performance Analysis (IPA). Hasil Penelitian menunjukan bahwa karakteristik konsumen beras yang menjadi responden yaitu mayoritas berusia 26-35 tahun, berprofesi sebagai pegawai negeri sipil, berpendidikan sarjana, dan memiliki pendapatan rumah tangga berkisar antara Rp.2.500.000 – Rp.5.000.000, preferensi konsumen terhadap produk beras kemasan yaitu dilihat dari atribut kepulenan, kebersihan, daya tahan, harga , dan kemudahan mendapatkan, dan strategi pengembangan atribut produk beras yaitu dengan tetap mempertahankan kinerja dengan mempertahankan atribut kepulenan, warna, kebersihan, daya tahan, harga, dan kemudahan mendapatkan/ akses.


Keywords


konsumen; DIY; kemasan; preferensi; beras

Full Text:

PDF

References


Adrianto, R. (2014). Sikap Konsumen Terhadap Beras Organik. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 9(2), 117–126. https://doi.org/10.17358/jma.9.2.117-126

Akrom, M. C. (2013). Pengaruh Kemasan, Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Kripik Paru Umkm Sukorejo Kendal (Universitas Negeri Semarang). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/18168/1/7311409062.pdf

Dewi, E. (2018). Analisis Kebijakan Swasembada Beras dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan. Jurnal Agribis - Fakultas Pertanian, Univ. Tulungagung, 14(Oktober), 29–42.

Frank, R. H. (2009). Microeconomics and Behavior 8th Edition. New York: Mc Graw Hill International.

Hasan. (2009). Word-Of-Mouth Marketing sebagai Bauran Komunikasi Pemasaran. Jurnal Dinamika Dan Bisnis, 6(2), 101–112.

Julianto, D., & Utari, P. A. (2019). Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Individu Di Sumatera Barat. Ikraith Ekonomika, 2(2), 122–131.

Koerniawan, E. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Beras Berlabel (Studi Kasus Di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang) (Universitas Brawijaya). Retrieved from http://repository.ub.ac.id/131612/

Martilla, J. A., & James, J. C. (1977). Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing, 41(1), 77–79.

Nahraeni, W., Yusdiarti, A., & Rahayu, E. G. (2017). Analisis preferensi konsumen terhadap sayuran katuk. Jurnal AgribiSains, 3(2), 32–38.

Pemda Kabupaten Buleleng. (2021). Pandemi COVID-19, Buleleng Lebih Fokus Garap Pertanian. Retrieved from Website website: http://infocovid19.bulelengkab.go.id/info_penting/detail_artikel/468

Pratiwi, I. W., & Hendrawan, D. (2018). Implementasi Importance-Performance Analysis (IPA): Analisis Preferensi Konsumen Muda Mie Setan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 1–20.

Putri, A. (2015). Analisis karakteristik konsumen beras di Kecamatan Pekanbaru Kota Kota Pekanbaru. Jurnal Agribisnis, 17(1), 37–46.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sumarwan, U., Noviandi, A., & Kirbrandoko. (2013). Analisis Proses Keputusan Pembelian, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Beras Organik di Jabotabek. Pangan, 22(2), 19–35.

Syahrir, Taridala, S. A. A., & Bahari. (2015). Preferensi Konsumen Beras Berlabel. Agriekonomika, 4(1), 10–21.

Utari, P., Fitri, A., Setyanto, E., & Henny, C. (2020). Belanja on-line mahasiswa di era pandemi covid-19: modifikasi perilaku konsumen. Islamic Communication Journal, 5(2), 143. https://doi.org/10.21580/icj.2020.5.2.6450

Wibowo, P., Indrasari, S. D., & Jumali. (2009). Identifikasi Karakteristik dan Mutu Beras di Jawa Barat. Penelitian Pertanian Tanaman Pangan, 28(1), 43–49.

Yunita, & Arbi, M. (2019). Karakteristik konsumen dan preferensinya terhadap atribut beras berdasarkan golongan tingkat pendapatan di Kota Palembang. JSEP, 12(3), 59–70. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jsep.v12i03.14500




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.