Analisis Loyalitas Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Pie Pisang Di Kota Bandar Lampung

Salsabila Thea Rahmani, Suriaty Situmorang, Muhammad Irfan Affandi

Abstract


Berbagai macam produk pie pisang yang dijual menyebabkan persaingan antar agroindustri pie pisang di Kota Bandar Lampung, sehingga para pemilik agroindsutri pie pisang perlu lebih cermat untuk memenangkan persaingan yang dihadapinya dalam memperebutkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis loyalitas konsumen dan faktor-faktor yang memengaruhi jumlah pembelian pie pisang oleh konsumen di Kota Bandar Lampung.  Penelitian ini dilakukan di dua agroindustri pie pisang, yaitu Yussy Akmal dan Askha Jaya pada bulan Juni-Agustus 2021.  Sampel penelitian berjumlah 110 orang dipilih menggunakan metode accidental sampling. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan piramida loyalitas dan analisis regresi linear berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen pie pisang Yussy Akmal dan Askha Jaya termasuk kategori loyal (commited buyer) dan faktor-faktor yang memengaruhi pembelian pie pisang Yussy Akmal adalah harga pie pisang Yussy Akmal, harga pie pisang merek lain, jumlah pendapatan, jumlah anggota keluarga, dan selera konsumen.

Keywords


pie pisang, loyalitas, pembelian, konsumen

Full Text:

PDF

References


Agatha, G. V., T. Endaryanto, dan A. Suryani. 2020. Analisis preferensi, kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap keripik pisang dan singkong di sentra agroindustri keripik Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, Vol 8(1): http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JIA/issue/view/308. Diakses pada 13 Desember 2020.

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2019. Statistik Tanaman Buah-Buahan dan Sayuran Tahunan Indonesia 2015-2019. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. 2019. Produksi Buah-Buahan di Indonesia 2019. http://hortikultura.pertanian.go.id/. Diakses pada 5 November 2020.

Durianto. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hair, Jr., et,al. 2010. Multivariate Data Analysis (7th ed). Pearson. United States.

Suharyadi dan Purwanto. 2012. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2. Salemba Empat. Jakarta.

Field, A. 2009. Discovering Statistics Using SPSS. 3rd Edition. Sage Publications Ltd. London.

Homburg, C. dan Giering, A. 2011. Individu Characteristics as Moderators of the Relationship Between Customer Satisfaction and Loyality-an Empirical Analysis. Psycology & Marketing, Vol 18(1): https://www.researchgate.net/publication/227897541_Personal_characteristics_as_moderators_of_the_relationship_between_customer_satisfaction_and_loyalty_-_An_empirical_analysis. Diakses pada 2 Agustus 2021.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.04.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.