Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Buah Stroberi di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar

Lutfi Zulkifli, Syafiq Muhammad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor bauran pemasaaran  yang dipertimbangkan dalam membeli buah stroberi di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar dan mengkaji variabel yang paling berpengaruh pada setiap faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli buah stroberi di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik survei. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan cara purposive. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang juga biasa disebut dengan judgement sampling. Analisis yang digunakan dalam pengolahan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan analisis faktor yang menghasilkan faktor-faktor baru yang tersusun dari variabel-variabel yang memiliki pengaruh terhadapa terbentuknya faktor baru tersebut. Didalam analisis faktor terdapat uji KMO, uji MSA, uji Bartlett’s Test of Sphericity, uji komunalitas, nilai eigen value dan nilai factor loading. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor promosi, faktor tempat, faktor harga, faktor proses, faktor warna serta faktor produk merupakan 6 faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian buah stroberi. Dari 21 variabel yang digunakan terdapat 13 variabel yang mempengaruhi nilai faktor baru, dan terdapat variabel-variabel yang paling berpengaruh terhadap masing-masing faktor baru. Yaitu merupakan variabel yang memiliki nilai factor loading  tertinggi dari masing-masing faktor baru yang terbentuk, variabel tersebut adalah variabel potongan harga, kenyamanan tempat, keterjangkauan harga, rasa stroberi, warna stroberi dan kebersihan stroberi.


Keywords


Konsumen, Bauran Pemasaran, Stroberi

Full Text:

PDF

References


Basri. 2005. Bisnis Pengantar. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta

BPS. 2014. Jawa Tengah Dalam Angka 2014. Badan Pusat Statistik Jawa Tengah dan Bappeda Jawa Tengah.

BPS. 2014. Kecamatan Tawangmangu dalam Angka 2014. Koordinator Statistik Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah

Downey, W.D. dan S.P. Ericson. 1989. Management Agribisnis. Penerbit Erlangga, Jakarta

Gulo, W. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta. Grasindo

Malhotra, Naresh K. 2010. Riset Pemasaran. Jakarta : Indeks

Nawiwi, Hadari dan Mimi Martini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press

Rumengan, Marlen Meilani. 2015. Kajian Kinerja Agribisnis Strawberry Organik. Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado

Simamora, Bilson. 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka, Jakarta

Singarimbun, M dan Sofian Effendi. 1985. Metode Penelitian Survai. Jakarta. LP3ES

Singarimbun, M dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta. LP3ES

Soeratno dan Lincolin Arsyad, 1999. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) AMP YKPN

Sunarjono, H., 2006. Berkebun 21 Jenis Tanaman Buah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Wibowo, Sampurno. 2009. Pengantar Manajemen Bisnis Introduction to Business Management. Bandung. Politeknik Telkom

Yuliarti, Nurheti. 2011. 1001 Khasiat Buah-buahan. CV. Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.07

Refbacks

  • There are currently no refbacks.