Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Melakukan Pembelian pada Pedagang Sayur Keliling (Mlijo)

Vi'in Ayu Pertiwi

Abstract


Pasar modern berkembang dengan sangat pesat di Indonesia tidak terkecuali di Kota Malang sebagai salah satu kota besar di Jawa Timur. Banyaknya pasar modern bahkan pasar online menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan masyarakat perkotaan. Kondisi tersebut turut meningkatkan pesaing pedagang tradisional seperti pedagang sayur keliling sebagai salah satu usaha sektor informal di Kota Malang. Maka dalam penelitian ini dianalisis faktor apa yang mempengaruhi masyarakat Kota Malang melakukan pembelian kebutuhan pangan di pedagang sayur keliling (mlijo). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu convenience sampling sebab tergantung pada kesediaan pembeli pada pedagang sayur keliling untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian pada pedagang sayur keliling (mlijo) yaitu keakraban dan keramahan, harga dan pasar, kesegaran produk, layanan eceran, serta layanan kredit.


 

 

 


Keywords


Faktor, pembelian, pedagang, sayuran

Full Text:

PDF

References


BPS. (2019). Profil Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. In Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. https://www.m-culture.go.th/mculture_th/download/king9/Glossary_about_HM_King_Bhumibol_Adulyadej’s_Funeral.pdf

Clark, V. L. P., & Creswell, J. W. (2014). Understanding Research : A Consumer ’ s Guide (Second Edition). New Jersey. Pearson Education.

Creswell. J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. (Fourth Edi). SAGE Publications. file:///C:/Users/youhe/Downloads/kdoc_o_00042_01.pdf

Daely, K. ;, Sinulingga, U., & Manurung, A. (2013). Analisis Statistik Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. 1(5), 483–494.

Erlis, E., Defidelwina, & Ferawasni. (2013). Faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang sayur keliling di desa muara musu kecamatan rambah hilir kabupaten rokan hulu. 1(2), 48–56.

Fissamawaty, F., & Rachmatullaily, ; (2014). Jurnal Ilmiah AgrIBA No2 Edisi Maret Tahun 2014. Inovator.

Handoyo, E. (2012). Modal Sosial Dan Kontribusi Ekonomi Pedagang Sayur Keliling Di Semarang. Forum Ilmu Sosial, 39(2), 153–171.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (16thEdition). New Jersey.Prentice Hall Published.

Kustiawan, R., & Kuncoro, I. A. (2013). Faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian makanan ringan secara. Jurnal Hospitaly Dan Manjemen Jasa, 1(2), 351–361.

Muftiadi, R. A., & Maulina, E. (2016). The Business Dynamic Of Traditional Market Place : Demand Preferencae Approach. AdBispreneur, 1(2), 113–126.

Pitoyo, A. J. (2007). Dinamika Sektor Informal di Indonesia Prospek, Perkembangan, dan Kedudukannya dalam Sistem Ekonomi Makro. Populasi, 18(2). https://doi.org/10.22146/jp.12081

Runtu, M. E., Pangemanan, S. S., & Program, M. (2018). Analysis of Impact the Modern Market Toward Retailers in Pasar Beriman Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1288–1297. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20210

Saodah, D. S., & Malia, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional ( Studi Kasus Pasar Muka Cianjur ). Journal Agroscience, 7(1). https://jurnal.unsur.ac.id/agroscience/article/view/51

Schipmann, C., & Qaim, M. W. (2011). Modern food retailers and traditional markets in developing countries: Comparing quality, prices, and competition strategies in Thailand. Econstor : GlobalFood Discussion Papers, 2.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta.Andi.

Tuhumury, M. T. F. (2014). Profil Pedagang Sayur Keliling Di Desa Poka Dan Rumahtiga Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon. Budidaya Pertanian, 10(1), 30–34.

Wardhani, Y., Prasetya, S. G., & Dharmantyo, D. A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Kaki Lima. Ekono Insentif, 14(1), 39–53. https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jei.v14i1.210




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.